Pemanfaatan Handphone sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai
Abstract
This research discusses the Utilization of Mobile Phones as a Supporting Tool for Learning in the Library of UPTD SMP Negeri 18 Sinjai. The main issues consist of two sub-problems, namely: the utilization of mobile phones as a supporting tool for learning in the library of SMP Negeri 18 Sinjai and the types of applications used in learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai. This research is a qualitative study using a descriptive approach with primary data obtained through interviews, observations, documentation, and secondary data as a support for the research results as a data collection method. Data processing and analysis techniques are carried out through three stages: data reduction, data presentation, and drawing conclusions, through tests of credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this research indicate that the use of mobile phones as a learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai, such as the benefits of using mobile phones in the library after the implementation of the mobile phone utilization program, has shown different results in terms of students' intelligence. Students find it easier to access school assignments, they are more active, and they read more using mobile phones because students can easily access anything through the internet. Second, the types of applications used in learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai include the Indonesian National Library application (IPUSNAS), Play Book, digital novels/Wattpad, Wordpress, Macca Office 365 account, and WhatsApp, which can be accessed through mobile phones as learning materials in the library.
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Handphone sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di Perpustakaan UPTD SMP Negeri 18 Sinjai. Pokok permasalahan terdiri dari dua sub masalah, yaitu: pemanfaatan handphone sebagai alat pendukung pembelajaran di perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai dan jenis aplikasi yang di gunakan dalam media pembelajaran di perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan dekriptif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan data sekunder sebagai pendukung dari hasil penelitian sebagai metode pengumpulan data. tehnik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, melalui uji creadibility, uji transferability, uji denpandebality, uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan handphone sebagai media pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai, seperti manfaat penggunaan handphone di perpustakaan setelah diterapkannya program pemanfaatan handphone terbukti hasil yang berbeda dalam hal kecerdasan siswa seperti siswa semakin mudah dalam mengakses tugas sekolah, siswa lebih aktif dan sering membaca menggunakan handphone karena di dalam handphone siswa mudah dalam mengakses apa saja melalui internet. Kedua, jenis aplikasi yang digunakan dalam media pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai, yaitu aplikasi Perpustakaan Nasional Repoblik Indonesia (IPUSNAS), Play Book, Novel digital/Wattpad, Wordpress, Akun Macca Office 365, dan Whatsapp yang dapat diakses melalui handphone sebagai bahan untuk pembelajaran di perpustakaan.
References
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482
Devi, E. A., Sujiran, S., & Puspananda, D. R. (2021). Penggunaan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Matematika Serta Pandangan Guru Terhadap Penggunaan Smartphone Selama Pembelajaran Daring. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(1), 40-46. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2323
Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371-380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095
Fitri, S. A. (2018). Pengaruh Smartphone Terhadap Perubahan Prestasi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2657/
Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(1), 44-45. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/download/33/14
Permadi, A. (2015). Strategi Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/6917
Prasetyo, A. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis aplikasi android komik digital legenda kyai kolodete untuk meningkatkan kesadaran budaya di SMA Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo (Doctoral dissertation, Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65881/Pengembangan-Media-Pembelajaran-Sejarah-Berbasis-Aplikasi-Android-Komik-Digital-Legenda-Kyai-Kolodete-Untuk-Meningkatkan-Kesadaran-Budaya-di-SMA-Negeri-1-Sapuran-Kabupaten-Wonosobo
Ramadhanti, D., Yanda, D. P., & Yenti, E. (2020). Peran Perpustakaan Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 10. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/7948
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sutarno, NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat (Ed. Revisi). Jakarta: Sagung Seto.
Copyright (c) 2023 Nasrullah Nasrullah, Darma Wanita, Tawakkal Tawakkal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work