Pemanfaatan Handphone sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai

  • Nasrullah Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia 92113
  • Darma Wanita Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia 92113
  • Tawakkal Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jl. Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia 92113
Keywords: Pemanfaatan Handphone, Media Pembelajaran, Pembelajaran di Perpustakaan, Membaca Melalui Handphone

Abstract

This research discusses the Utilization of Mobile Phones as a Supporting Tool for Learning in the Library of UPTD SMP Negeri 18 Sinjai. The main issues consist of two sub-problems, namely: the utilization of mobile phones as a supporting tool for learning in the library of SMP Negeri 18 Sinjai and the types of applications used in learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai. This research is a qualitative study using a descriptive approach with primary data obtained through interviews, observations, documentation, and secondary data as a support for the research results as a data collection method. Data processing and analysis techniques are carried out through three stages: data reduction, data presentation, and drawing conclusions, through tests of credibility, transferability, dependability, and confirmability. The results of this research indicate that the use of mobile phones as a learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai, such as the benefits of using mobile phones in the library after the implementation of the mobile phone utilization program, has shown different results in terms of students' intelligence. Students find it easier to access school assignments, they are more active, and they read more using mobile phones because students can easily access anything through the internet. Second, the types of applications used in learning media in the library of SMP Negeri 18 Sinjai include the Indonesian National Library application (IPUSNAS), Play Book, digital novels/Wattpad, Wordpress, Macca Office 365 account, and WhatsApp, which can be accessed through mobile phones as learning materials in the library.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Handphone sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di Perpustakaan UPTD SMP Negeri 18 Sinjai. Pokok permasalahan terdiri dari dua sub masalah, yaitu: pemanfaatan handphone sebagai alat pendukung pembelajaran di perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai dan jenis aplikasi yang di gunakan dalam media pembelajaran di perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan dekriptif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan data sekunder sebagai pendukung dari hasil penelitian sebagai metode pengumpulan data. tehnik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, melalui uji creadibility, uji transferability, uji denpandebality, uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan handphone sebagai media pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai, seperti manfaat penggunaan handphone di perpustakaan setelah diterapkannya program pemanfaatan handphone terbukti hasil yang berbeda dalam hal kecerdasan siswa seperti siswa semakin mudah dalam mengakses tugas sekolah, siswa lebih aktif dan sering membaca menggunakan handphone karena di dalam handphone siswa mudah dalam mengakses apa saja melalui internet. Kedua, jenis aplikasi yang digunakan dalam media pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai, yaitu aplikasi Perpustakaan Nasional Repoblik Indonesia (IPUSNAS), Play Book, Novel digital/Wattpad, Wordpress, Akun Macca Office 365, dan Whatsapp yang dapat diakses melalui handphone sebagai bahan untuk pembelajaran di perpustakaan.

References

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482

Devi, E. A., Sujiran, S., & Puspananda, D. R. (2021). Penggunaan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Matematika Serta Pandangan Guru Terhadap Penggunaan Smartphone Selama Pembelajaran Daring. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(1), 40-46. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2323

Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371-380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095

Fitri, S. A. (2018). Pengaruh Smartphone Terhadap Perubahan Prestasi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2657/

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(1), 44-45. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/download/33/14

Permadi, A. (2015). Strategi Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali Tahun 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/6917

Prasetyo, A. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis aplikasi android komik digital legenda kyai kolodete untuk meningkatkan kesadaran budaya di SMA Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo (Doctoral dissertation, Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/65881/Pengembangan-Media-Pembelajaran-Sejarah-Berbasis-Aplikasi-Android-Komik-Digital-Legenda-Kyai-Kolodete-Untuk-Meningkatkan-Kesadaran-Budaya-di-SMA-Negeri-1-Sapuran-Kabupaten-Wonosobo

Ramadhanti, D., Yanda, D. P., & Yenti, E. (2020). Peran Perpustakaan Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 10. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/7948

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Sutarno, NS. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat (Ed. Revisi). Jakarta: Sagung Seto.

Published
2023-09-29
How to Cite
Nasrullah, N., Wanita, D., & Tawakkal, T. (2023). Pemanfaatan Handphone sebagai Alat Pendukung Pembelajaran di Perpustakaan SMP Negeri 18 Sinjai. Inkunabula: Journal of Library Science and Islamic Information, 2(2), 96-105. https://doi.org/10.24239/ikn.v2i2.2376
Section
Articles