Pengaruh Strategi Lightening the Learning Climate dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 2 Parigi

  • Priyanka Annisa
Keywords: Strategi Lightening the Learning Climate; motivasi belajar; smp 2 parigi

Abstract

Artikel ini membahas Pengaruh Strategi Lightening the Learning Climate dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMP Negeri 2 Parigi, dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif melalui class control dan kelas eksperimen, yakni kelas VII E dan kelas VII F serta menggunakan strategi Lightening the learning climate. Data diolah secara kuantitatif untuk mengetahui hasil uji hipotesis data dengan strategi lightening the learning climate dan motivasi belajar melalui lembaran angket yang diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji linear sederhana, uji normalitas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan di peroleh t hitung 3,780 dengan taraf signifikan α = 5% didapat t tabel -2,999, melalui kriteria uji jika t hitung> t tabel maka H1 diterima. 3,780>-2,999, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi lightening the learning climate dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan A8gama Islam di SMP Negeri 2 Parigi. Penulis menyarankan agar dalam pembelajaran menggunakan strategi yang membuat peserta didik ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya yaitu menggunakan strategi lightening the learning climate dan bisa juga dibantu dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak membosankan dan monotn sehingga peseta didik menjadi jenuh. Kepada peserta didik hendaknya merubah cara belajar yang pasif menjadi lebih aktif agar memperoleh motivasi hingga prestasi belajar yang baik.

References

Al Barry, M. Dahlan dan Partanto, Pius A, Kamus Ilmiah Populer, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Ahmadi, Abu. Widodosupriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka cipta, 2004.
Aly, Hery Noer. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Achmadi. Ideologi pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Arifin. M Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjaun Teoritis dan Praksis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
As-Syaibany, Omar Muhammad Al-Touny. Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara, 1987.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2013.
Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media, 2005.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1984.
Djamarah, Saiful Bahri, dan Zain, Aswan, Strategi belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Djumaroh, Syaiful, Bahri. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineke Cipta 2008.
Daradjat, Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Ecchol, Jonh M, dan Shadhaly, Hassa Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka,1994.
Faisal, Sanapilah. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: Raajawali press,1997.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam kajian teoritis dan pemikiran tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Gandi HW, Wangsa Teguh. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2013.
Hakim, Jurnal Pendidikan Islam, Balik papan, STAI Balik papan, 2009.
Hamdan. Pengembangan dan Pembinaan Kurikulum Teori dan Praktek Kurikulum PAI, Banjarmasin, 2009.
Hamdan. Pengembangan dan Pembinaan Kurikulum (Teori dan Praktek Kurikulum PAI), Banjarmasin: al-Hikmah Pustaka, 2009.
Hatta, Ahmad Tafsir Qur’an Per Kata: Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul & Terjemahannya, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2009.
Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang:Rasail, 2008.
Mahfud, Rois. Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2011.
Margono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2015.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan , Jakarta: PT Renika Cipta, 1997.
Nazarudin, Manajemen Pembelajaran Jogjakarta: Teras, 2007
Nasution. Metode Resechr Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Narbuko, Cholid, dan Ahmadi, Abu. Metodologi Penelitian, (Bandung: Bumi Aksara, 1997.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Perum Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, 1989.
Ramayyulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Silbermen, Melvin L, Active Learning 101 Cara Beljar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia, 2006.
Shalahudin, Mahfudh, dkk. Metodologi Pendidikan Agama, Surabaya: Bina Ilmu,1987.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensind), 1996.
Sutrisno, Revolusi Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta, Ar Ruzz, 2005.
Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta:PT Rineka cipta, 1995.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Sardiman, Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Sahlan, Asmaun. Religiusitas Perguruan Tinggi, Malang: Naila Pustaka, 2013.Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara: 1981
Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur‟an, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2013.
Syafi’I, Asrop. Metode Penelitian Pendidikan, Surabaya : eLKaf, 2012.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2016.
Sugioyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2007
Trianto, Model-Model Pembelajara Inovatif Berorientasi Konsruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Trianto, Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifitas, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Tim Penyusun Pusat Bimbingan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Balai Pustaka, 1999.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya, 1991
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, 2006.
Uno, Hamzah B, Teori Motivasi & Pengukurannya Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara 2008.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-dimensi pendidikan Islam, Malang: UIN malang Press, 2008.
Zaini, Hisyam. Strategi Pembelajaran Aktif, Jakarta, CTSD Center for Teaching Staff Development, 2002.
Zaini, Hisyam, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta Pustaka Insan Madani, 2008.
Zaini, Hisyam, dan Munthe Bermawy. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007
Published
2020-06-29
Section
Articles
Abstract - 26