Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Kepribadian Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali

  • Susinta Hasan UIN Datokarama Palu
  • Fitri Rahayu UIN Datokarama Palu
  • Retoliah UIN Datokarama Palu
Keywords: Peran guru Pendidikan Agama Islam, Perkembangan kepribadian peserta didik

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam
terhadap perkembangan kepribadian peserta didik di SMA Negeri 1 Bungku
Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data yang diperoleh dari data sekunder dan primer, yang relevan
dengan permasalahan yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian
menunjukan peran guru terhadap perkembangan kepribadian peserta didik di
SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten Morowali telah terlaksana dengan baik.
Peran guru diantaranya: (1) sebagai pendidik, memberikan nasehat dan
sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan, membiasakan dan memberi
contoh teladan pada peserta didik. (2) sebagai pembimbing dan pelatih,
memberikan motivasi pada peserta didik, membantu peserta didik yang
bermasalah dalam belajar. (3) sebagai pengajar dan pengelola kelas,
menggunakan waktu secara efektif dan efisien, memberikan reward kepada
peserta didik, menstimulasi peserta didik agar aktif dalam pembelajaran.
Dari hasil penelitian juga terdapat upaya SMA Negeri 1 Bungku Kabupaten
Morowali melalui keteladanan dan pembiasaan seperti guru menjadi teladan
peserta didik dan membiasakan kedisiplinan, kejujuran, toleransi, peduli
lingkungan dan tanggung jawab dan berbagai kegiatan untuk membina
kepribadian peserta didik seperti, kegiatan pecinta mushallah (SPM),
memperingati isra’mi’raj dan maulid Nabi Muhammad saw, serta
mengadakan do’a dan yasinan bersama peserta didik kelas XII. Kepribadian
yang terbentuk pada peserta didik SMA Negeri 1 Bungku adalah religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli lingkungan dan
tanggung jawab.

Published
2022-06-27
Abstract - 19