Peranan Program Praktek Mengajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru

  • Lukman Hakim UIN Palu
Keywords: praktek mengajar; motivasi belajar; pondok pesantren modern al-istiqamah

Abstract

Tulisan ini adalah hasil penelitan yang membahas tentang peranan program praktek mengajar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan praktek mengajar yang di laksanakan pada Peserta Didik kelas III MA PPM Al-Istiqamah Ngatabaru, berjalan dengan baik dan efektif.  Praktek mengajar dapat mengarahkan Peserta Didik kelas III MA PPM Al-Istiqamah Ngatabaru kepada pengembangan dan peningkatan  kepada aktivitas belajar sehingga Peserta Didik kelas III MA PPM Al-Istiqamah dapat memaksimalkan dirinya kepada proses belajar yang lebih baik. Implikasi dari hasil penelitian ialah praktek mengajar bersifat pengalaman lapangan yang  memberikan pengalaman yang nyata kepada Peserta Didik kelas III MA PPM Al-Istiqamah Ngatabaru agar memperoleh cara-cara mengajar yang baik dan benar, untuk mengetahui lebih mendalam tentang strategi, metode dan langkah-langkah untuk menjadi guru yang profesional. Dan di samping itu, praktek mengajar dapat mengarahkan, meningkatkan dan mengembangkan Peserta Didik kepada aktivitas belajar sehingga peserta didik dapat memaksimalkan dirinya kepada proses belajar yang lebih baik

References

Departemen Agama RI, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001).
Undang-undang Repuklik Inonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Kloary Klede Putra Timur, 2003).
Mukhrin dkk, Pedoman Mengajar (Bimbingan Praktis Untuk Calon Guru ), (Surabaya: Al-Ikhlas, tt).
Sudarman Danim, Inovasi Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2002).
Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching, (Jakarta: Ciputat Press, 2005).
Mukhrin, dkk, Pedoman Mengajar (Bimbingan Praktis untuk Calon Guru) (Surabaya: al-Ikhlas, tt).
Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Abad 21, (Jakarta: PT. Pustaka Husna Baru, 2003).
Hasibin Marjiono, Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya,1995).
Zainuddin Dja’far, Didaktik Metodik, (Pasuruan: PT.Garuda Buana Indah,1995).
Asril Zainal, Micro-Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Belajar, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013).
Zarkasyi, Abdullah Syukri,Gontor Pembaharuan Pendidikan Pesantren, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005).
Winarno Surakhmad, Metodologi Pengajaran Nasional, (Bandung: Jemmars, 1986).
Sanjaya wina, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).
Nur Syaifudin Fuad Dkk, Kumpulan Kata Mutiara dan Falsafah Hidup, (Cet.1. Jakarta: Turos Pustaka, 2013).
Bey Arifin dkk, Terjemahan Sunan Abi Daud, Jilid IV, (Semarang: CV.Asy Syifa, 1993).
Sardiman.A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Ed.1, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001).
Saefullah, Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2012).
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, (edis:2 Cet.2; Jakarta: Kencana, 2007).
Cholid dan Kurniawan Sugeng, Psikologi Pendidikan, (Telaah Teori Dan Praktek), Surabaya: SA Press, 2001).
Wardun (Warta Dunia Pondok Modern Darussalam Gontor, (Ponorogo Jawa Tengah: Darussalam Press, 2009).
Yusuf, Khaeruddin. ‘UPAYA LEMBAGA STUDI ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN PADA MAHASISWA (Studi Kasus Di Lembaga Bahasa Arab Dan Studi Islam Maâ€TMhad Thalhah Bin Ubaidillah Palu)’. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian 2, no. 2 (2014): 388–411.
Published
2021-12-30