Implementasi Essay Test dalam Meningkatkan Wawasan Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Sigi
Abstract
Artikel ini megulas tentang Implementasi essay test dalam meningkatkan wawasan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Sigi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi essay test dalam meningkatkan wawasan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Sigi membuktikan bahwa peserta didik belajar lebih serius dan teliti untuk mempersiapkan ujian bentuk essay test dari pada tes obyektif. Pertanyaan yang penting bukanlah model belajar peserta didik dalam menghadapi ujian tetapi bagaimana perbedaan ini mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam penggunaaan essay test pada peningkatan mutu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat faktor penghambat di dalamnya, yaitu; Bahan evaluasi, Karakter peserta didik, Kurangnya pengembangan evaluasi pendidikan agama islam. Sedangkan faktor pendukungnya ialah; seorang Pendidik, dan suasana evaluasi, dari beberapa faktor penghambat tersebut maka guru mengambil solusi; Bahan evaluasi, diharapkan adanya upaya dalam rangka penambahan buku-buku referensi guna menjadi bahan yang dapat disajikan kepada peserta didik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Karakter peserta didik, dimana tugas seorang guru adalah memberikan pelajaran tidak hanya sedekar membuat peserta didik paham tetapi juga menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menyesuaikan berbagai karakter peserta didik. Kurangnya pengembangan evaluasi, guru pendidikan agama Islam harus membuat spesifikasi tes yang berdasarkan pertanyaan yang harus dirancang ketika akan mebuat tes ujian
References
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Cet. V; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005).
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Cet. II; Jakarta: PT Rajawali Pers, 2003).
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Amzah, 2010).
Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan (Cet. V; Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2003).
Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan (Cet. V; Jakarta: PT: Raja Grafindo persada, 2003).
Dadang Suhardan, Supervisi Profesional Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta, 2010).
Deperteman Agama RI, Pembinaan Guru Agama Isalam Pada Sekolah Umum (Jakarta : Dirjen Binbaga Islam, 1991).
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi,(Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003).
Hadis, A & Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan (Bandung :PT. Alfabeta, 2014).
Hasan Langgulung, Pendidikan dan Peradaban (Jakarta: Pustaka Alhusna, 2005).
Hasan Shadily, Ensiklopedi Indonesia, Edisi 5 (Jakarta: Ichttiar Baru, 1984).
Himpunan Undang-undang RI tentang (SISDIKNAS) UU RI No. 20 tahun 2003 beserta penjelasannya (Cet.1Bandung : Nuansa Aulia,2008), 3.
Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ed. II, Cet. IX; Jakarta: Balai Pustaka, 1999), 331. Lihat juga: Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cet. IV; Jakarta: PT Grafindo Persada, 2006).
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan (Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012).
Yusuf, Khaeruddin. ‘UPAYA LEMBAGA STUDI ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN PADA MAHASISWA (Studi Kasus Di Lembaga Bahasa Arab Dan Studi Islam Maâ€TMhad Thalhah Bin Ubaidillah Palu)’. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian 2, no. 2 (2014): 388–411.
Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah (Jakarta: Ahkam, 1996).
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005).
Nana Syaodih Sukmadinata. DKK, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrument (Bandung: Refika Aditama, 2006).
Sallis, Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan), alih bahasa: Riyadi & Fahrurrozi, IRCisoD, (cet-keVII, Yogyakarta, , 2008).
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012).
Zakiah Daradjat, Ilmu pendidikan Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)