Urgensi Produktifitas Kinerja Guru Bidang Studi Keagamaan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu

  • Nasrul IAIN Palu
  • Muhammad Nur Korompot Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
Keywords: urgensi; produktifitas kinerja; bidang keagamaan

Abstract

Artikel ini membahas tentang produktivitas kinerja guru bidang studi keagamaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi, fokus penelitian ini adalah bagaimana produktivitas kinerja guru bidang studi keagamaan di Madarasah Aliyah Negeri 1 Palu?  Apakah produktivitas kinerja guru bidang studi keagamaan dapat mendorong dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu? Hasil penelitian ini menujukkan bahwa produktivitas kinerja guru studi keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu dikatakan sudah baik dari segi produktivitas kinerja gurunya selain itu juga memiliki kompetensi dibidang akademik dan non akademik dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan. Selain itu produktivitas kinerja guru studi keagamaan mampu memberikan kontribusi yang baik pada pihak sekolah melalui kinerjanya antara lain: menyiapkan rencana persiapan pembelajaran (RPP), memiliki metode bervariasi dalam pembelajaran, memberi motivasi kepada peserta didik, mengevaluasi pembelajaran, mampu membentuk ahklak dan peserta didik melalui pendekatan keagamaan kepada peserta didik. Dengan itu, produktivitas kinerja guru studi keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu sudah baik.

References

Arikunto, Suharsini. Prosedur penelitian ilmiah suatu pendekatan Praktek, Ed, 11. Cet. IX, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Baedhowi, Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.
Bugin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan, Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Putra Grafika, 2007.
Dalimunthe, Sehat Sultoni. Filsafat Pendidikan Islam, Cet, I; Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Duski Samad, Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatakan Produktivitas Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, tesis (pekanbaru: program Paska Sarjana pendidikan Agama Islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2013).
Hadis, Abdul dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Malla, Hamlan Andi Baso, Khaeruddin Yusuf, M. Tahir Sapsuha, and Misnah Misnah. ‘The Transformative Leadership of School Principal Paradigm in Developing Students’ Religious and Social Characters’. Al-Ta Lim Journal 26, no. 3 (2019): 298–308.
Haris Berdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Hendrawati Niken Widagdorini, Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kurikulum 2013 Di Sd Negeri Timpik 01 Tahun 2017, Skripsi (Surakarta Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, 2017.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Social, Jakarta: Ikapi, 2013.
Kudadiri Bahmid, “Pengaruh Usia dan Masa Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru MAN Sidikalang KAB Dairi T.P 2015/2016”. Skripsi, Medan: Jurusan Pendidikan
Margono, S. Penelitian Pendidikan, Cet, II; Jakarta: Rineka Putra Cipta, 2000.
Miles, Mathe B. dan A. Michael Hubrtman. Qualitatif Data Analisis, diterjemahakan oleh Tjecep Rohendi Rohili dengan judul Analilis Kualitatif Buku Tentang Metode-Metode Baru, Cet. I; Jakarta: UI Pres, 2005.
Moehariono, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2012.
Moleong, Lexi J. Metode penelitian Kualitatif, Cet, XVII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah, Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2013.
Octavia, Shilphy A. Sikap dan Kinerja Guru Profesional, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Pianda, Didi. Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet. I, Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Poerwadarminta, W. J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
Ruminiati, SOSIO-ANTROPOLOGI PENDIDIKAN: Suatu Kajian Multikultural, Malang: Gunung Samudra, 2016.
Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju 2001.
Siagian, Sondang P. Kita Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Simamora, Henri. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Stai Ekpn, 2004.
Siti Khumairoh, Upaya Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, Skripsi (lampung: Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2018).
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.
Suhardan, Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan-Pelayanan Belajar dalam Mimbar Pendidikan, No. 2 Tahun XXVI, Bandung: UPI, 2007.
Surakhmad, Winarno. Dasar dan Teknik Research. Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung: Torsito, 2000.
Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia , Jakarta : Kencana, 2009.
Suwito, Manajemen Mutu Pesantren, Cet.I; Yokyakarta: CV Budi Utama, 2015.
Umar, Husain. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tafsir Bisnis, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010.
Uminarso dan Iman Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Lembaga Pendidikan. Jogjakarta IRCiSoD, 2010.
Published
2021-06-30
Section
Articles
Abstract - 19