Implementasi Pembelajaran Daring di Era Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kelurahan Duyu Kota Palu
Abstract
Artikel ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Daring di Era Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kelurahan Duyu Kota Palu. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan social artikel ini akan menguraikan bagaimana implementasi pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kelurahan Duyu Kota Palu. Serta saja kendala yang dihadapi oleh guru, orang tua siswa dalam menerapkan pembelajaran daring di era covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kelurahan Duyu Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan implemetasi menggunakan sistem daring (dalam jaringan) hal ini membutuhkan alat atau penunjang dalam pembelajaran, misalnya gawai, kuota internet, dan buku pembelajaran kurikulum 2013. Apa yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran daring adalah cara yang tepat untuk sebuah penerapan pembelajaran daring, implementasi pembelajaran daring menggunakan media sosial whatsapp di sekolah tersebut, adapun cara memaparkan materi pembelajaran dapat melalui video dan membagikan media pembelajaran melalui media sosial YouTube, memberikan contoh yang konkret kepada peserta didik. Kedua kendala dari implementasi pembelajaran daring yang dialami oleh guru dan orang tua peserta didik adalah guru sulit dalam menyesuaikan jadwal pembelajaran, mengetahui yang mana peserta didik aktif dan mana yang pasif, serta wali kelas juga tidak dapat memaksakan kepada peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring. Agar proses implementasi pembelajaran daring dapat terlaksana dengan sebagaimana mestinya.
References
Abdul Rahman dan Abdul Rahim Peserta Didik Kelas V C “Wawancara” Jalan Gawalise , tanggal 04 Februari 2021.
Achmad Nur’ain, peserta didik kelas V B “Wawancara” Jalan. Sungai Manonda, Tanggal 25 November 2020.
Al-Khandahlawi, Syaikh Hadits Maulana Zakariyyah. Kitab Fadhillah Amal. Jakarta: As-Shaff, 2011.
Andayani Wali Kelas VB “Wawancara” Ruang Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palu, Tanggal 24 November 2020.
Anggito, Abi & Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif Sukabumi: Cv Jejak, 2018.
Anugrah, peserta didik kelas V A “Wawancara” Jalan. Gawalise, Tanggal 11 Januari 2021.
Arifin, Muhammad & Ekayati, Rini. E-Learning Berbasis Edmodo. Yogyakarta: Cv. Budi Utama, 2019.
Ensiklopedi Pendidikan Indonesia Jilid 2. Jakarta: Cipta Adi Pustaka, 2009.
Firdianti, Arinda. Implementasi Menajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Perstasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Gre Publishing, 2018.
Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005
Hamdani, Acep Roni. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Subang: Didaktik, 2020.
Hatta, Ahmad, Tafsir Qur’an Perkata. Jakarta: Maghfira Pustaka, 2009.
Kemendikbud. Panduan Penyelenggaran Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud, 2020.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Masnaini, Orang Tua Peserta Didik “Wawancara” Jalan Sungai Manonda, Tanggal 25 November 2020.
Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Praherdhiono, Henry. Adi, Eka Pramono. Prihatmoko, Yulias. Nindigraha, Nunung. Soepriyanto, Yerry. Indreswari, Henny. Oktaviani, Herlina Ike. Implementasi Pembelajaran di Era dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang –Jawa Timur: Cv Seribu Bintang, 2020.
Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Purwanto, Agus. Jurnal Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Makassar: P3M STKIP Muhammadiyah Enrekang, 2019.
Rohmawati, Afifatu. Pendidikan Usia Dini, Efektivitas Pembelajaran, PAUD PPs. Universitas Negeri Jakarta: 2015.
Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. Pembelajaran Online di Tengah Wabah Covid-19. Universitas Jambi: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020.
Sakilah, Belajar Dalam Perspektif Islam. Uin Suska: 2013.
Setyosari, Punaji. Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Ringkasan. Universitas Miarso: t.t, 2020.
Suharmin, Arikunto. Prosedur Penelitian Ilmiah Suatu Pendekatan. Edisi II Cet IX. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Suryana. Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Uneversitas Pendidikan Indonesia: 2010.
Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cet. 12. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Undang-Undang R.I No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Bandung: Citra Umbara, 2003.
Wirapati. Pengukuran Efisiensi dan Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Zakky. Implementasi Menurut Para Ahli dan KBBI. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.