Pelibatan Keluarga Peserta didik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satap Kalukunangka Desa Kalukunangka Kabupaten Mamuju Utara

  • Mahani A IAIN Palu
  • Muh Risal IAIN Palu
  • Bahdar IAIN Palu
Keywords: Keluarga; Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pelibatan keluarga peserta didik dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Satap Kalukunangka desa Kalukunangka Kabupaten Mamuju Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pelibatan keluarga peserta didik dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan datanya observasi, wawancara dan penelitian dokumen atau dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 15 (lima belas) kepala keluarga, 15 (lima belas) dan 3 orang guru mengaji sebagai responden. Temuan dalam penelitian ini bahwa peserta didik memahami dengan baik materi pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah erat kaitannya dengan pengetahuan pelajaran agama Islam yang diterima peserta didik sewaktu sebelum masuk belajar di sekolah. Materi shalat, puasa, mengaji peserta didik sudah menguasai materi ini sebelum masuk belajar di sekolah

References

Al Barry, M. Dahlan. Kamus Modern Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Arloka, 2001.
Anwar, Muhammad. Filsafat Pendidikan Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama, 2015.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI, 2009.
B. Miles, Matthew dkk, Qualitatife Data Analisy,diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi dengan judul Analisis data kuantitatif,Buku tentang metode-metode Baru, Cet. 1;Jakarta: UI-Press, 1992.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IX; Jakarta: Balain Pustaka, 1997.
Departemen Agama Repoblik Indonesia, Alquran dan terjemahanya, Jakarta: CV Darus Sunnah, 2002.
Djumhur dan Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah, Bandung: CV. Ilmu, 1975.
Djamarah, Syaiful Bakhri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1994.
Esa Nur Wahyuni, dan Baharuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Arruzz Media, 2010.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.
________ Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
________ Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2007.
________ Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Joko Sutrisno dan Ahmad Mudzakir. Psikologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2000.
J. Moleong, Lexy. Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Kurikulum 2004, standar kompetensi mata pelajaran pendidikan agama islam di sma dan di ma, Jakarta: Depdiknas,2003.
Lilis Setiawati dan Moh. Uzer Usman. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet:II;Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2001.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana 2010.
Priyatno Ermananti, Dasar-Dasar Bimbingan Belajar dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Priyatno, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
Rusman, model-medel pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2014.
Santi Lisnawati, Nusa Putra. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Saleh, Abdul Rahman. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspktif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.
S.J, W.S, Winkel. Bimbingan dan Konseling di instusi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1997.
Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
S.Nasution, Metode Research (penelitian ilmiah), Cet.IV; Jakarta: Bumi Aksara 2004.
Supriyanto, Agus. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Daerah Diseminasi. November 1997, jilid 4, IKIP: 1997.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaf, Bandung: Alvabeta, 2008.
Surya, Dewa Ketut. Proses Penyuluhan dan Bimbingan di sekolah, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 1995.
Published
2021-06-30
Section
Articles
Abstract - 18