Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Mental Anak di Desa Lende Ntovea Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala
Abstract
Artikel ini membahas pola komunikasi orang tua dalam pembinaan mental anak di Desa Lende Ntovea Kecamatan Sirenja. Membahas masalah tersebut Penulis menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Peneliti terjun langsung di lapangan berusaha untuk mencari dan mendapatkan data-data mengenai objek kajian penelitian dan kemudian berusaha menjawab rumusan masalah penelitian berdasarkan data-data yang diperoleh, dengan cara mendeskripsikannya dalam bentuk narasi. Pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua yaitu: Berusaha memenuhi kebutuhan anak, Memberikan kepercayaan kepada anak dalam bergaul, memberikan pengawasan tanpa menekan anak, memberikan sikap disiplin dan kemandirian sejak dini, orang tua bisa menjadi contoh yang baik bagi anak, orang tua berusaha memberikan waktu luang dalam berdiskusi atau berbagi cerita dengan anak, menanamkan nilai-nilai keagamaan. Hambatan yang sering dihadapi oleh orang tua yakni pengaruh lingkungan, orang tua tidak bisa sepenuhnya melakukan pengawasan, Orang tua terkadang tidak bisa melakukan perannya dengan baik setiap saat, orang tua belum bisa selalu menjadi contoh yang baik bagi anak, dalam keadaan tertentu terkadang orang tua dapat menekan mental anak dengan mengeluarkan kata-kata kasar. Harapan penulis, semoga penelitian ini dapat memberikan informasi kepada orang tua, guru dan anak itu sendiri bagaimana pentingnya pola komunikasi yang baik yang dapat membentuk mental seorang anak
References
Arifin, Imron. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada Press, 2010.
Basri, Hasan. Keluarga Sakinah, Cet. 3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
Bungin, Burhan. Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi. I; Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Darajat, Zakiah. Pembinaan Remaja, Jakarta : Bulan Bintang, 1975.
Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: Syamil Qur’an, 2007.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 1, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
DEPDIKBUD, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990.
Echlos, John.M dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1982.
Echol, John M. et al., Kamus Inggris Indonesia, Cet. 13, Jakarta: PT. Gramedia, 1996.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995.
Harun, Salman. Sistem Pendidikan Islam, Al-Ma’arif, 1993.
Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak, Jilid. 2, Jakarta: Erlangga: 2009.
Husin, .Hasbullah Managemen Menurut Islamologi, Cet. 1, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Irwanto, penyunting Danny I Yatim, Kepribadian, Keluarga dan Narkoba (Tinjauan Sosial dan Psikologis), Cet. 3, Jakarta: Penerbit Arcan, 1991.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Jakarta: Ikapi, 2013.
Kurniawan, Yedi. (ed), Pendidikan Anak Sejak Dini Hingga Masa Depan, Tinjauan Islam dan Permasalahannya), (Jakarta: CV. Firdaus, 2002.
Langgulung, Hasan. Azas-Azas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1998.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Milles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Qualitative Data Analisis, diterjemahkan oleh Tjecep Rohendi Rohili dengan judul Analisis Data Kualitatif: Buku tentang Metode-metode Baru, Cet. I; Jakarta: UI Pres, 2005.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XVII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. 3, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Odea, Thomas.F. Sosiologi Agama (Suatu Pengenalan Awal), Jakarta: Yayasan solidaritas Gajah Mada, Rajawali Grafindo, 1996.
Partanto, Pius A. dkk., Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, 1994.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet. 2, Jakarta: Balai Pustaka, 1982.
R. Soetarno, Psikologi Sosial, Cet. 2, Yogyakarta: Kanisius, 1993.
Robbins, James G. dkk., Komunikasi Yang Efektif, Cet. 3, Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1986.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Sabri, M. Alisuf. Psikologi Pendidikan, Cet. 2, Jakarta: Pedoman Jaya, 1996.
Sabri, M. Alisuf. Psikologi Pendidikan, Cet. 1, Jakarta: Pedoman Jaya, 1995.
Siagian, P. Sondang. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, Cet. 3, Jakarta: Gunung agung, 1985.
Sobur, Alex. Komunikasi Orang tua-Anak, Cet. 1, Bandung: Angkasa, 1996.
Sobur, Alex. Pembinaan Anak Dalam Keluarga, Jakarta: BPK, Gunung Mulia, 1988.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 21; Bandung: Alfabeta, 2015.
Supraktiknya, A. Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis, Cet. 1, Jogjakarta: Kanisius, 1995.
Surakhmad, Winarno. Dasar dan Teknik Research. Pengentar Metodologi Ilmiah, Bandung: Torsito, 2000.
Uchjana Effendy, Onong. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2003.
Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tasir Bisnis, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010.
Wahlroos, Sven. Komunikasi Keluarga, Cet. 2, Jakarta: Gunung Mulia, 1999.