Pelaksanaan Bimbingan Belajar Pada Mata Pelajaran Agama Islam Pasca Gempa di SMP Negeri 10 Palu

  • Meliana Meliana IAIN Palu
  • Khaeruddin Yusuf IAIN Palu
  • Rustina Rustina IAIN Palu
Keywords: bimbingan belajar; pasca gempa; prestasi belajar

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan bimbingan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pasca gempa di SMP Negeri 10 palu,. Artikel ini adalah hasil penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sumber data yang diperoleh dari data sekunder dan primer, yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar dengan cara membentuk kelompok bertujuan membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi, berinteraksi serta bertukar pikiran dalam hal pemecahan masalah pelajaran. Pelaksaan bimbingan belajar mengahadapi UTS yang bertujuan memaksimalkan penjelasan materi Pendidikan Agama Islam yang telah diajarkan sebelumnya dan mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan materi pelajaran. Sehingga pelaksanaan ujian tengah semester nanti para peserta didik mampu meminimalisir kesalahan jawaban dalam pengisian soal ujian.

References

Al Barry, M. Dahlan. Kamus Modern Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Arloka, 2001.
Anwar, Muhammad. Filsafat Pendidikan Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama, 2015.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI, 2009.
B. Miles, Matthew dkk, Qualitatife Data Analisy,diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi dengan judul Analisis data kuantitatif,Buku tentang metode-metode Baru, Cet. 1;Jakarta: UI-Press, 1992.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IX; Jakarta: Balain Pustaka, 1997.
Departemen Agama Repoblik Indonesia, Alquran dan terjemahanya, Jakarta: CV Darus Sunnah, 2002.
Djumhur dan Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah, Bandung: CV. Ilmu, 1975.
Djamarah, Syaiful Bakhri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1994.
Esa Nur Wahyuni, dan Baharuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Arruzz Media, 2010.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.
________ Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
________ Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2007.
________ Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Joko Sutrisno dan Ahmad Mudzakir. Psikologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2000.
J. Moleong, Lexy. Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Kurikulum 2004, standar kompetensi mata pelajaran pendidikan agama islam di sma dan di ma, Jakarta: Depdiknas,2003.
Lilis Setiawati dan Moh. Uzer Usman. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet:II;Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2001.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana 2010.
Priyatno Ermananti, Dasar-Dasar Bimbingan Belajar dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Priyatno, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
Rusman, model-medel pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Rohmah, Noer. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2014.
Santi Lisnawati, Nusa Putra. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Saleh, Abdul Rahman. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspktif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.
S.J, W.S, Winkel. Bimbingan dan Konseling di instusi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1997.
Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
S.Nasution, Metode Research (penelitian ilmiah), Cet.IV; Jakarta: Bumi Aksara 2004.
Supriyanto, Agus. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Daerah Diseminasi. November 1997, jilid 4, IKIP: 1997.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaf, Bandung: Alvabeta, 2008.
Surya, Dewa Ketut. Proses Penyuluhan dan Bimbingan di sekolah, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 1995.
Published
2020-12-16