Stratergi Pencapaian Kompetensi Sikap dalam Aspek Toleran pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Karuna Dipa Palu

  • Rani Fitriani
Keywords: kompetensi sikap; aspek toleran; smp karuna dipa palu

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang strategi  pencapaian kompetensi sikap dalam aspek toleran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Karuna Dipa Palu, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi  Pencapaian Kompetensi Sikap dalam Aspek Toleran pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Karuna Dipa Palu dilakukan dalam bentuk penerapan pendidikan multikultural seperti:kegiatan PBM, metode mengajar, kegiatan intra dan extra. Strategi pencapaian kompetensi sikap dalam aspek toleran ini sangat memudahkan pendidik dalam membentuk pencapaian sikap peserta didik serta tercapainya apa yang menjadi tujuan dan keinginan pendidik. Strategi pencapaian kompetensi sikap dalam aspek toleran ini juga mendapat respon baik dari peserta didik bahkan pendidik mudah dalam pengembangkan sikap peserta didik. Hal ini dikarenakan peserta didik merasa mudah dalam memahami  arahan yang telah diberikan dan diajarkan oleh pendidik melalui beberapa strategi yang digunakan. Adapun teknik penilaian capaian sikap dalam aspek toleran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Karuna Dipa Palu adalah observasi atau pengamatan langsung dari pendidik selama proses pembelajaran, jurnal, penilaian diri dari peserta didik serta penilaian antar peserta didik.

References

Adisusilo, J.R Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Ahmadi, Rulam. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
Arif, Arifuddin M. Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam (PAI). Palu: Endence Press, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Ilmiah. Suatu Pendekatan Priktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.
B, Milles, et.al ,Matthew. Qualitative Data Analisys, diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi
Daradjat, Zakiyah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Departemen Agama RI, Pembinaan Guru Agama Islam Pada Sekolah UmumJakarta: Dirjen Binbaga Islam, 1991.
Dedi ,Mulyasana. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid I Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2002.
Hamzah B dan Mohamad Nurdin. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Harrel, Keith. Attitude is everything: Ubah Sikap Anda, Maka Hidup Anda Akan Berubah Sikap Anda Hari Ini Menentukkan ukses di Masa Depan Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru pendidikan Agama Islam Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Kamisa. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Surabaya: Kartika, 1997.
Khanifatul. Pembelajaran Inovatif Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Koesoema A, Doni. Pendidikan Karakter Jakarta: PT Grasindo, 2007.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif Jakarta: Erlangga, 2012.
Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama IslamBandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Agama IslamBandung: PT Al- Maarif, 1980.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Nur Ali Muhaimin, Suti’ah. Paradigma Pendidikan Islam Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama disekolah. Bab VI Pasal 16 Tahun 2010.
Putra, Nusa. Metode Penelitian Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Republik Indonesia, Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang SISDIKNAS Bandung: Citra Umbara, 2009
Rohidi. Analisis Data Kualitatif, buku sumber tentang Metode-metode Baru, Jakarta : UI-Press, 1992.
Subur. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah Yogyakarta:Kalimedia, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Syah , Muhibbin. Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Syahid Ahmad, Rancangan Pembelajaran Terapan Model Elaborasi Jember: SAINS, 2008.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara.
Yunus, M. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran Jakarta,Hidyakarya Agung, 1978.
Published
2020-06-29
Section
Articles
Abstract - 31