Kesulitan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Merumuskan Rancangan Pembelajaran Agama Islam Kurikulum 2013 di SMA Negeri 8 Palu

  • Nur Oktaviana
  • Rusli Takunas
  • Muhammad Nur Korompot

Abstract

Artikel ini mengulas tentang kesulitan guru PAI dalam merumuskan rancangan pembelajaran PAI kurikulum 2013 di SMA negeri 8 Palu,  dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif serta memakai metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam proses mendapatkan data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Artikel ini menujukkan bahwa kesulitan guru PAI  dalam merumuskan rancangan pembelajaran PAI  kurikulum 2013 pada sekolah tersebut adalah bagaimana pembuatan RPP, model pembelajaran dan proses pemberian penilaian. Beberapa alternatif pemecahan masalah atau solusi guru PAI menghadapi kesulitan dalam merumuskan rancangan pembelajaran PAI  kurikulum 2013 adalah memperbaiki karakter peserta didik, mengikuti pelatihan kurikulum serta mendapatkan pedoman Kurikulum 2013 dan melaksanakan in house tranining bagi para guru menyangkut kurikulum 2013. Artikel ini berupaya mengurai permasalahan tersebut untuk mengungkapkan adanya kesadaran kolektif berlembaga dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan disekolah tersebut khusunya dan di Indonesia secara umum

References

Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2010.
Arifin, Imron . Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan Malang: Kalimasada Press, 2010.
Bungin, Burhan . Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, (Edisi. I. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Darajat, Zakiah. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1969.
Departemen Hukum dan HAM, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Fokus Media, 2005.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar. Bandung, PT. Refika Aditama, 2014.
Getteng, Abd. Rahman . Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika, Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru, 2011.
Hasan, M. Ali dan Mukti Ali, Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya.2003.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru PAI, Palembang: Rafah Press, 2009.
Hidayat, Sholeh . Pengembangan Kurikulum Baru, Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Jakarta: Ikapi, 2013.
Komara, Endang. Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
M. Arif, Arifuddin. dan Emi Indra, 5 Rukun Pembelajaran Kurikulum 2013, Sulawesi Tengah: EnDeCe Press, 2014.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Majid Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung : Rosda Karya, 2005.
......................... Pembelajaran Tematik Terpadu, Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Moleong, Lexy J.. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XVII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: Rosda.2003.
.................. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Mukhtar. Desain Pembelajaran PAI, Jakarta: Misaka Galiza, 2003.
Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2013.
.................... Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Nata, Abuddin . Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2003.
Poerwati, Loeloek Endah Sofan Amri, Panduan memahami Kurikulum 2013, Jakarta: PT Prestasi Pustakarya,2013.
Ruslan, Rosady .Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Pengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. I; Jakarta: RajawaliPers, 2010.
S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Sagala, Saiful. Konsep dan Makna Pembelajaran,Bandung: Alfabeta,2005.
Sanjaya, Wina .Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 21; Bandung: Alfabeta, 2015.
Surakhmad, Winarno. Dasar dan Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah Bandung: Torsito, 2000.
Sutrisno, Revolusi di Indonesia, Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2006.
Syahid, Ahmad. rancangan pembelajaran terapan model elaborasi, jember, Penerbit SAINS, 2008.
Tim Redaksi Fokusmedia, Undang-Undang Guru dan Dosen Bandung: Fokusmedia, 2008.
Umar, Husein . Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tafsir Bisnis, Cet. IV; Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010.
Published
2020-06-29
Section
Articles
Abstract - 36