Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Sarudu
Abstract
Artikel ini membahas kerja sama antara guru dan orangtua siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam di SMPN 04 Sarudu. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelusuran penulis menunjukan bahwa kerja sama antara guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Sarudu berada pada kategori “cukup baik” hal ini dapat dilihat dari beberapa bentuk kerja sama yang telah dilakukan oleh guru terhadap orangtua siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Sarudu, tetapi dalam aktifitas tersebut juga terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya adalah faktor waktu, dana, faktor jasmani, komunikasi, kurangnya partisipasi orangtua siswa serta sulitnya mengenali karakter orangtua siswa. Penulis menyarankan perlunya penambahan kegiatan kerja sama serta pemberian arahan-arahan dan kesadaran kepada orangtua siswa terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik dalam pendidikan informal (keluarga), sehingga dengan kesadaran tersebut dapat mempermudah dan mempererat hubungan kerja sama antara guru dan orangtua siswa serta memberikan peningkatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 04 Sarudu
References
A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet Ke 12; Jakarta CV. Rajawali, 1990
Anwar, Desy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Cet.1; Surabaya : Amelia, 2003.
Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Cet. V; Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2014
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cet. 10; bandung : CV Penerbit Diponegoro, 2012.
E. Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Cet. 3;Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Fachurrahman, Strategi Membangun Sinergi Guru dan Orangtua Siswa. Yogyakarta : PT Citra Aji Parama
Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Cet. 3; Yogyakarta : Grha Guru, 2011.
Ghony , M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. 3, Jogjakarta : Ar- Ruzz Media, 2016.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar .Cet. 17; Jakarta : PT Bumi Aksara Jl. Sawo Raya, 2015.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Cet.10; Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2012.
Kartono, Kartini. Tujuan Pendidikan Nasional. Cet. 1; Jakarta : PT Pradnya Paramita, 1977.
M. Arif, Arifudin. Pendidikan dan Pembelajaran Agama Islam. Sulawesi Tengah: Endece Press, 2014.
Moleong, Lexy j. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Nashih Ulwan, Abdullah. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Cet. 3; Semarang : Asy-Syifa’, 1981.
Nur Afni, Kerja Sama Guru dan Orangtua dalam Menangani Siswa Yang Bermasalah di SMP Negri 1 Palu, Tahun 2011, Skripsi IAIN Palu
Prasetowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif. Cet.3, Jogjakarta : Ar-ruzz Media, 2016.
Sadulloh,Uyoh. Pedagogik. Cet. 3; Bandung : Alfabeta, 2014.
Sardiman AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 10; Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2003.
Sudarman, Momon. Profesi Guru. Cet.2;Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2014.
Suryanto dan Asep jihad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Erlangga Group, 2013.
Tohirin. Psikologi Pembelajan Pendidikan Agama Islam. Cet. 2; Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2006.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cet. 12; Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No 27 Tahun 2003; Jakarta : Sinar Grafika.
W. Santrock, John. Psikologi Pendidikan. Cet. 1; Jakarta : Kencana, 2007.