PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN NILAI- NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SIGI

  • Mira Yuliana Ekasari Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Gunawan B. Dulumina Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Peranan Guru PAI, Toleransi Beragama

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa di SMA Negeri 1 Sigi.” fokus penelitian ini adalah (1) Bagaiamana peranan guru Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai- nilai toleransi beragama pada siswa di SMA Negeri 1 Sigi. (2) Apa hambatan yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan nilai- nilai toleransi beragama pada siswa di SMA Negeri 1 Sigi
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan datanya, digunakan berbagai jenis triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peranan guru Pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sigi, ialah Guru sebagai pendidik, Guru sebagai Pengajar, Guru sebagai Teladan, Guru sebagai Motivator, Guru sebagai Pembawa berita/informasi dan Guru sebagai Pembimbing. (2) Hambatan atau tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sigi, antara lain faktor individu, pengetahuan, lingkungan dan guru sebagai teladan.
Kesimpulan Peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa di SMA Negeri 1 Sigi, telah membuktikan keefektifannya dalam menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan kondusif untuk menanamkan nilai-nilai toleransi beragama.
Implikasi dari penelitian ini adalah di mana siswa diharapka mampu menginternalisasi nilai-nilai toleransi yang mereka peroleh, dan dukungan dari pihak Sekolah untuk memberikan ruang dan yang cukup bagi guru PAI untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman, termasuk pendidikan karakter dan nilai-nilai multikultural. Rekomendasi peneliti adalah agar guru Pendidikan Agama Islam terus mengembangkan metode pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif dalam menanamkan nilai-nilai toleransi, sehingga siswa tidak hanya memahami secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari guna tercipta lingkungan sekolah yang harmonis, inklusif, dan damai di SMA Negeri 1 Sigi.

References

Andi Fitriani Djollong dan Anwar Akbar, ”Peran guru PAI dalam penanaman nilai- nilai toleransi antar umat beragama siswa untuk mewujudkan kerukunan,” Al-‘Ibrah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019)
Araniri, N. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6 (1, March), (2020)
Bikro, R. Analisis Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Tanjung Pura TA 2023-2024, Journal Millia Islamia, 2(1), (2023).
Fennyta Melasari dkk, BENTUK TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MENJAGA IDENTITAS NASIONAL DAN BHINEKA TUNGGAL IKA, Vo 2, No 1 (2021)
Fitriani, S. Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, V. 20 (2), (2020).
Khoirunnisa, E. C. Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di Smp Terpadu Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO). (2022)
Maksum, Peran Guru PAI Dalam Meningkakan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Cibinong‘, Jurnal Akrab Juara, 5.1 (2020).
Muhammad Fajar Awaludin, Rachmat Ramdani, Peran Kelompok Keagamanaan dalam Menjaga Keharmonisan dan Keberagaman (Studi Deskriptif PC NU Kabupaten Karawang Dan Pengurus Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Kabupaten Sukabumi), Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (Vol. 8, No.1) (2022)
Muhammad Yasir, Makna Toleransi Dalam Al-Qur’an, JURNAL USHULUDDIN Vol. XXII No. 2 (2014)
Muhammad Yunus, “Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi pada SMP Negeri 1 Amparita Kec. Tellu Limpoe Kab. Sidrap),” Jurnal Studi Pendidikan XV no.2 (2017).
Rofiqoh, “Penanaman Sikap Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Agama (Studi Atas Agama Islam, Kristen, Dan Katolik, Di SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta)” (Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015)
Sri Mawarti, Nilai Nilai Toleransi, Jurnal Toleransi:Media Komunikasi Umat Beragama, 9.1 (2017)
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Cet II; Bandung: Alfabeta, 2020.
Published
2024-12-30
How to Cite
Mira Yuliana Ekasari, Dulumina, G. B., & A. Markarma. (2024). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN NILAI- NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 SIGI. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 42-49. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/4009
Section
Articles