IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU

  • Muhammad Zhahir Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Saepudin Mashuri Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Riska Elfira Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru PAI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Tujuan penelitian, untuk memahami dan mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai upaya guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMP Al-Azhar Mandiri Palu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif, yang menggambarkan dan mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar Mandiri Palu, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar Mandiri Palu telah terlaksana dengan baik, dimulai dari persiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun perangkat ajar dan proses pembelajaran dengan optimal. Adapun kesulitan pada awal Implementasi Kurikulum Merdeka diantaranya: Kurangnya pengetahuan tentang kurikulum merdeka, belum memahami karakter peserta didik, metode pembelajaran yang monoton, kurang memahami latar belakang sosial dan emosional peserta didik, sehingga interaksi yang terjalin kurang efektif. Upaya yang dilakukan adalah terus mengembangkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, kemauan belajar dan komunitas belajar yang dilaksanakan setiap dua kali dalam sebulan.

References

Anggraini Melisa, Profesionalisme Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di UPT SMP Negeri 5 Medan, Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 No 1 (2023).

Ashsiddiqi M. Hasbi, Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya, Ta’dib, Vol. XVII, No. 01, (Edisi Juni 2012).

Cikaa Hairuddin. Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3 no 1, (2020).

Fajrina Sulistyani, Rahmat Mulyono, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, 2 (2022).

Hariati, Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Penilaian Proses melalui Supervisi Akademik secara Berkelanjutan di SMP Negeri 7 Palopo, DIDAKTIKA, Vol. 9, No. 2, Mei 2020.

Harlita Ingka, Zaka Hadikusuma Ramadan, Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru, Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 13 No. 3 Agustus 2024.

Hasanah Aswatun dkk, Pentingnya Kompetensi Leadership Pada Guru MI, Indonesian Journal of Islamic Educational Management, Vol. 3, No. 1, April 2020.

Helmi Jhon, Kompetensi Profesionalisme Guru, Al-Ishlah:Jurnal Pendidikan, Vol 7, No 2 (2015).
Marwan, Wasehudin, Respon Guru Dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Puloampel, Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4, Nomor 1, Maret 2023.

Nuriawati, Muh Wasith Ahadi, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Man 3 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sultan Agung 3, no 2 (2023).

Prasetyo Arif Rahman ,Tasman Hamami, Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum, Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 8, Nomor 1, Mei (2020).

Salamah Evi Rizqi, Pentingnya Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Conference of Elementary Studies 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Cet II; Bandung: Alfabeta, 2020.

Suharni, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 1, 2021.Susilowati,Evi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal science Education 1,no 2 (2023).

Susilowati Evi, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal science Education vol 1, no 1 2022.

Sutarman H Otoy, ‘Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Vol. 5, No. 1 Agustus 2007.
Published
2025-06-11
How to Cite
Muhammad Zhahir, Mashuri, S., & Riska Elfira. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 32-39. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/4000
Section
Articles