Implementasi Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Tilawah Remaja di TPQ Husnul Khatimah Desa Ako Kecamatan Pasangkayu

  • Kadir Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Gunawan B. Dulumina Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Khaeruddin Yusuf Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Pendekatan Terpadu, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Artikel ini membahas tentang “Implementasi Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan Tilawah remaja di TPQ Husnul Khatimah di Desa Ako kecamatan Pasangkayu Kabupaten pasangkayu provinsi Sulawesi Barat” adapun yang fokus dari peneliatn ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an di TPQ Husnul Khatimah (2) bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tilawah remaja di TPQ Husnul Khatimah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tekhnik pengumpulan datanya yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di TPQ Husnul Khatimah di Desa Ako kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, kemudian data yang dikumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan tilawah di TPQ Husnul Khatimah sudah berjalan  baik,walaupun waktu pelaksanananya masih kurang efektif dan juga ada beberapa santri/wan yang masih belum maksimal dalam memasukkan irama/ naghom  pada saat membaca Al-Qur’an, kemudian kurangnya minat dan motivasi santri/wati. Implikasi Pada pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an ini dilakukan dalam dua kali seminggu yaitu, setiap hari selasa dan hari jum’at. Pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an ini sudah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa kendala dalam proses pembelajarannya, dapat dilihat dari segi tajwid dan irama atau naghomya masih membutuhkan pembelajaran yang maksimal agar tujuan dapat yang dirumuskan dapat tercapai, yaitu meningkatnya kemampuan tilawah.

References

Akhmad Akromusyahada, “Seni dalam perspektif Islam” jurnal tahdzibi: manajmen Pendidikan Islam 3, no 1 (2018), 3

Anam Khaerul, Implementasi Seni Baca Qur’an tahsi Al-Qur’an (Bogor: Tri Bakti, 2021), 29.

Arif mardico,” Belajar dan Pembelajaran” jurnal Pendidikan dan konseling 4, no 4 (2022), 7

Bella Tandy dan Junaidi, “pengaruh penerapan program tilawah terhadap peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an di MAS PAB 2 Helvetia” Ekonomi Bisnis Manajmen dan Akutansi 4, no 1 (2023), 1459

Iis Kustiani, Sanusi Owes dan Imam tabroni, “Metode Pembelajaran Tilawatil Qur’an dalam Meningkatkan Seni Membaca Al-Qur’an di Pesantren Assa’adatil Iskandari Purwakarta” Jurnal Of Cross Border Islamic Studies 4, no. 2 (2021): 460.

Mana ‘ul Quthan,pembahasan ilmu Al-Qur’an, ( Jakarta: PT Rineka cipta,1998), 211.

Saiful Mujab, “Nagham Bayati Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Qur’an Hadis Di Madrasah Kelas Dasar” : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 2, no.2 (2021): 124.
Published
2025-06-11
How to Cite
Kadir, Dulumina, G. B., & Yusuf, K. (2025). Implementasi Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Tilawah Remaja di TPQ Husnul Khatimah Desa Ako Kecamatan Pasangkayu. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-6. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/3997
Section
Articles