PROBLEMATIKA GURU PROBLEMATIKA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU
PROBLEMATIKA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII DI SMA NEGERI 1 SARUDU KABUPATEN PASANGKAYU
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Problematika atau masalah yang dirasakan pada Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII (2) Untuk mencari solusi dan mengupayakan dalam mengatasi Problematika tersebut. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah ada beberapa problematika yang dihadapi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil wawancara yang penulis lakukan, problematika yang dialami guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sarudu (1) Kurang semangatnya siswa dalam belajar, (2) Adanya kejenuhan siswa dalam belajar, (3) Kurang aktifnya siswa pada saat belajar. Adapun Faktor yang memengaruhi yaitu, 1)kurangnya pengunaan metode mengajar, (2) Ketidakcukupan sarana dan prasarana (media dan bahan ajar). (3) Kurangnya pendekatan antara siswa dan guru. Dari problematika di atas solusi yang tepat untuk menanggulangi yaitu, di harapkan guru Pendidikan Agama Islam dapat menguasai beber apa model dan metode pembelajaran, lebih memperhatikan kemauan peserta didik
References
Almafahir, Ahmad, and Ari Alpiansyah. “Manajemen Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021): 175–188.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80.
Journal, Civic Education, and Kevlin Anggriawan. “Aktualisasi Mata Pelajaran Pkn Di Era Globalisasi Untuk Merekonstruksi Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Pada Siswa Sma Yadika Sumedang.” Pancasila and education journal 2, no. 1 (2023): 8–14.
Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, Anis Yulia Citra, Nathaniel David Schulz, د. غسان, Tukiran Taniredja, Efi Miftah. Faridli, and Sri Harmianto. “Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sekolah Menengah Pertama Dan Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. August (2016): 128.
Nursakdiah, Nursakdiah, Khairinal Khairinal, and Siti Syuhada. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri Di Kabupaten Sarolangun.” Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosiial 4, no. 2 (2023): 653–664.
Patilima, Sarlin. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (2022): 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069.
Pendekatan, Dengan, Kognitif Kelas, and X Animasi Smk. “Pengembangan E-Module Materi Hakikat Bangsa Dan Negara Dengan Pendekatan Kognitif Kelas X Animasi Smk Negeri 2 Banjarmasin.” Journal of Instructional Technology 4, no. 2 (2023): 108–115.
Tibahary, Abdul rahman. “Model-Model Pembelajaran Inovatif Abdul.” RJournal of Pedagogy 27, no. 3 (2018): 220–30.
Umro, Jakaria. “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal Al_Makrifat 5, no. 1 (2020): 79–95.