Pengobatan Tradisional Baca-Baca pada Masyarakat Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep (Perspektif Hukum Islam)
Abstract
The results of the research showed that the traditional healing practice of baca-baca in Balang Caddi Island community can be divided into two parts, namely baca-baca treatment, which is treated by ritual and treatment without using rituals. The ritual treatment of baca-baca is carried out to treat diseases caused by spirits and jinn. Meanwhile, the treatment for baca-baca without ritual is treating minor ailments. The reason why the people of Balang Caddi Island still practice traditional Baca-baca for medicine because there are no adequate medical facilities, doctors are only in the city, and the distance from Balang Caddi Island to Pangkep Regency, makes people accustomed to do traditional medicine by baca-baca. Traditional medicine baca-baca in Islamic law as long as it does not contain polytheism. The essence of traditional medicine, such as baca-baca, it’s not different from praying or asking Allah for something. for healing, goodness, or benefit for every Muslim who needs treatment.
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengobatan tradisional baca-baca pada masyarakat Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep perspektif hukum Islam? Pokok masalah tersebut selanjutnya diklasifikasikan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana praktik pengobatan tradisional baca-baca di Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep?, 2) Mengapa pengobatan tradisional baca-baca masih digunakan di Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep? dan 3) Bagaimana perspektif hukum Islam tentang pengobatan tradisional baca-baca di Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep?
Penelitian ini adalah field research deskriptif kualitatif dengan tiga pendekatan, yakni; pendekatan teologis normatif (syar’i), sosiologis dan Antropologis. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara terhadap informan di Pulau Balang Caddi, data sekunder yang diperoleh dari al-Qur’an, hadis, kaidah fikih, jurnal dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan pengobatan tradisional baca-baca serta data tersier diperoleh dari buku-buku yang relevan. Selanjutnya pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan teknik pengelolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui tiga kriteria yaitu keabsahan konstruk, keabsahan internal dan keabsahan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktik pengobatan tradisional baca-baca pada masyarakat Pulau Balang Caddi, dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengobatan baca-baca yang proses pengobatannya dengan cara ritual dan pengobatan dengan tidak menggunakan ritual. Pengobatan baca-baca dengan cara ritual dilakukan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh mahluk halus dan jin. Sedangkan pengobatan baca-baca tanpa ritual yaitu mengobati penyakit-penyakit ringan. Alasan masyarakat Pulau Balang Caddi masih melakukan praktik pengobatan tradisional baca-baca disebabkan belum adanya fasilitas medis yang memadai, tenaga dokter hanya ada di kota, dan jaraknya pun jauh dari Pulau Balang Caddi Kabupaten Pangkep membuat masyarakat sudah terbiasa untuk melakukan pengobatan tradisional dengan cara baca-baca. Pengobatan tradisional baca-baca dalam hukum Islam boleh sepanjang dalam melakukan pengobatan tersebut tidak mengandung kemusyrikan. Hakikat pengobatan tradisional seperti baca-baca, tidaklah berbeda dengan mendoakan atau memohonkan sesuatu kepada Allah swt. untuk kesembuhan, kebaikan, atau kemashlahatan bagi setiap kaum muslimin yang membutuhkan pengobatan.
References
al-‘Aini, Badruddin Abi Muhammad Mahmud bin Ahmad.‘Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari. Juz XXXI. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2001.
Abdullah. Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan Menejemen. Cet. I; Gowa: Gunadarma Ilmu. 2017.
Abdullah, Irwani. Kontruksi dan Reprroduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.
Adib, Bisri dan Munawwir A. Fatah. Al-Bisri Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif. 1999.
Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Cet. I; Jakarta: RajawaliPers. 2014.
Ali, Muhammad Daud. Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Ed. 6-14. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2007.
Ali, Muhammad. Kamus Besar Bahasa Indonesia Modern, Jakarta: Pustaka Amani. t.th.
Ali, Syamsuri. Pengobatan Alternatif Perspektif Hukum Islam. Jurnal Al-‘Adalah. Vol. 12. No. 4. 2015.
Ali, Zainuddin. Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum Islam di Indonesia. Cet. IV. Jakarta: SinarGrafika, 2013.
Amriyanto, M. Djarot. Terapi Ruqyah Terhadap Penyakit Fisik, Jiwa dan Gangguan Jin. Jurnal Suhuf. Vol. 19. No. 1. 2007.
Amiruddin dan H. Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum, Ed. 1, Cet. II. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.
Amsori, Al-Ahkam Al-Khams Sebagai Klasifikasi Dan Kerangka Nalar Normatif Hukum Islam: Teori dan Perbandingan. Jurnal Pakuan Law Review. Vol. 3. No I. 2017.
Andi, Muflih. Pengobatan Dalam Islam. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin, 2013.
al-Ans}a>ri>, Muhammad bin Mukrim bin ‘Ali> Abu> al-Fadl Jama>luddi>n bin Manz}u>r. Lisa>n al-‘Arab , Cet. III: Bairu>t: Da>r S}a>dir, 1414 H.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rikena Cipta. 2006.
Ardial. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara. 2015.
Asriana, Thias. Hadis-hadis tentang Ruqyah Syar’iyyah. Kajian Ma’anil Hadis. Jurnal Studi Islam. Vol. 3, No. 3. 2019.
Aswadi, Konsep Syifa’ dalam al-Qur’an. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia. 2012.
Asmawati, dkk, Makna Pengobatan Tradisional Badewah Suku Dayak Bagi Masyarakat Muslim di Kalimantan Tengah: Studi Agama-agama, Jurnal Religio. Vol 8 no. 1. 2018.
al-‘Asqala>ni>, Ahmad bin Hajr. Fath{ al-Ba>ri> bi Syarh S{ah{ih{ al-Bukha>ri>. Juz X. Beiru>t: Da>r al-Ma’rifah, t. th.
al-Ayayba>niy, Abu> ‘Abdullah Ah}mad bin H}anbal bin Hila>l bin Asad. Musnad al-Ima>m Ah}mad bin Hanbal. Juz III. Cet. I. Bairut; Muassasah al-Risalah. 1412.
Azzam, Nash Farid Muhammad Washil dan Abdul Aziz Muhammad. al-Madkhalu fi al-Qawa’id al-Fiqhiyyah diterjemahkan Setiawan. Qawaid Fiqhiyyah. Jakarta: Amzah. 2019.
Bali, Wahid Abdussalam. Ruqyah, Jin, Sihir dan Terapinya. Jakarta: Ummul Qurra. 2017.
al-Bukhari, Muhammad bin Isma'il Abu ‘Abdullah. Musnad al-Sahih al-Mukhtashar. Juz VII. t. tp: Dar Tuq al-Najah. 1422.
Bukhari, Islam dan Tradisi lokal di Nusantara: Telaah Kritis Terhadap Tradisi Pellet Batteng Pada Masyarakat Madura dalam Presfektif Hukum Islam. Jurnal al-Mashlaha. Vol. 13. No. 2 2017.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana. 2010.
Chodjim, Achmad. An-Na>s: Segarkan Jiwa dengan Surah Manusia. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. 2015.
Damanhuri. Ijtihad Hermeneutis. Yogyakarta: IRCiSoD. 2016.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Upacara Tradisional dalam Kaitannya dengan Peristiwa Alam dan Kepercayaan Provinsi Sulawesi Selatan. CP. Aksara. 1981.
Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet. 2011.
Effendi, Satria. Ushul Fiqih. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.
Fitriani, Analisis Nilai-nilai Moral Tradisi Accera Kalompoang di Balla Lompoa Kabupaten Gowa. Jurnal Sosial dan Budaya, Vol. 3. No. 2. 2019.
Fedyani Saifuddin, Achmad. Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Kencana. 2006.
Hadi, Ariesto Sutopo dan Adrianus Arief. Terampil Mengelolah Data Kualitatif dengan NVIVO Ed. 1. Cet. I. Jakarta: Prenada Media Group. 2010.
Hakim, Moh Nur Islam Tradisional dan Reformasi Pragmatisme: Agama dalam Pemikiran Hasan Hanafi, Malang: Bayu Media Publishing. 2003.
Harisson, Lisa. Metodologi Penelitian Politik, Ed. 1, Cet. II; Jakarta: Kencana. 2009.
Harisuddin, M. Noor. ‘Urf Sebagai Sumber Hukum Islam Nusantara. Jurnal Al-Fikr. Vol. 20. No. 1. 2016.
Herdiansyah, Haris. Wawancara, Observasi dan Focus Groups Sebagai Sumber Instrumen Penggalian Data Kulaitatif Ed. 1. Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.
Hendy Lesmana, dkk, Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Tidung Kota Tarakan: Study Kualitatif Kualitatif Kearifan Lokal Bidang Kesehatan, Jurnal Medisains. Vol 16. No. 1. 2018.
Herlina, Andi. Nilai-nilai Transendental yang Terkandung dalam Jappi Pabbura, jurnal Sawerigading, vol 15 No. 2. 2009.
Ibnu ‘Asyur, Muhammad Tahir. Usul al-Nizam al-Ijtima’i al-Islam. Tunisia: al-Syarikha al-Tunisiyyah. t. th.
Ibnu Fauzan, Salih. I’ana al-Mustafi bi Syarh Kitab al-Tauhid. Juz I. Beirut: al-Muassasah. t. th.
Ibnu Hanbal, Abu> ‘Abdullah Ahmad. Musnad Ah}mad bin H}anbal. Juz XV. t. tp: Muassasah al-Risa>lah. 2001.
Ibnu Isha>q, Abu> Da>ud Sulaima>n. Sunan Abi> Da>ud. Juz IV. Beiru>t: al-Maktabah al-‘As}riyah, t.th.
Ibnu Kas|||||\ir, Tafsi>r al-Qur’a>n al-Ad}i>m. Kuwait: Jam’iyah Ihya> al-Tura>s\| al-Isla>miyah. 1994.
Ibnu Taimiyah. al-Furqa>n Baina Auliya>’ al-Rahma>n wa Baina Auliya>’ al-Syait|a>n. Juz I. Riyad|: Da>r al-Falla>h, t.th.
Ibnu Nujaim, Zainal ‘Abidin bin Ibrahim. Al-Asyba>h wa al-Naza>’ir ‘ala Mazhab Abi> H}anifa al-Nu’ma>n. Kairo: Mu’assasah al-Risalah. 1968.
Ibnu Yazi>d, Ibnu Ma>jah Abu> ‘Abdullah Muhammad. Sunan Ibnu Ma>jah. Juz II. t.tp: Da>r Ihya’. t.th.
Ishak, Ajub. Posisi Hukum Islam dalam Hukum Nasional di Indonesia. Jurnal Al-Qada>u. Vol. 4. No. 1. 2017.
Ihtiar, Habib Wahidatul. Tradisi Tiban Di Kecamatan Trenggalek Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Ahkam. Vol. 4, No. 1. 2016.
Iryani, Eva. Hukum Islam, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17. No. 2. 2017.
Jama>l, Ahmad al-Raisu>ni> dan Muhammad. al-Ijtiha>d: al-Nas} al-Waqi’. Damaskus: Da>r al-Fikr. 2000.
al-Jauziyyah, Ibnu Qayyim. al-T{ib al-Nabawi>. t. tp: Da>r al-Taqwa al-Turas\, 1999.
Jum’ah, Ali. Tarikh Us{u>l al-Fiqh, diterjemahkan Adi Maftuhin, Sejarah Ushul Fiqih: Histori Ilmu Ushul Fiqih dari Masa Nabi Hingga Sekarang. Jakarta: Keira Publishing, 2017.
Kementerian Agama Republik Indonesia. al-Qur’an al-Karim dan Terjemahnya. Jakarta: Halim Publishing dan Distributing. 2013.
Khalla>f, Abdul Waha>b. ’Ilm Us}u>l al-Fiqh. Kairo: Maktabah al-Da’wah al-Islamiyah. 1942.
al-Khin, Mustafa Sa’id. Abhas Haula ‘Ilm Us{u>l al-Fiqh diterjemahkan Muhammad Misbah. Sejarah Ushul Fikih. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar, 2014.
Komandoko, Gama. Sehat dan Bugar Cara Rasulullah saw., Yogyakarta: Citra Pustaka. 2010.
Koto, Alaiddin. Filsafat Hukum Islam. Cet. III. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada. 2014.
Kartono, Metodologi Penelitian, Jakarta: Serambi Ilmu. 1996.
Lembaga Fatwa Dar Ifta, D|awabit\| al-Ikhtiya>r al-Fiqh ‘Inda al-Nawa>zil, diterjemahkan Adhi Maftuhin. Fiqih Nawazil: Standar Berfiqih Dalam Peradaban Fatwa. Jakarat: Keira Publishing, 2017.
al-Maidani, Abu Umar Basyier. Metode Pengobatan Nabi Saw. Cet. XXVI. Jakarta: Tim Griya Ilmu. 2020.
al-Ma>liki>, Jama>luddi>n bin ‘Umar Ibnu al-H{a>jib. Ja>mi’ al-Ummaha>t, Juz I. Beiru>t: al-Yamamah. 1998.
Mahmud, Mahir Hasan. Terapi Air, Keampuhan Air dalam Mengatasi Aneka PenyakitBerdasarkan Wahyu dan Sains, Cet. III, Jakarta: Qultum Media, 2008.
Maryam, Siti. Damai Dalam Budaya, Integrasi Tradisi Syiah dalam Komunitas Ahlusunnah Waljama’ah di Indonesia. Jakarta: Badan Litbang dan Kementerian Agama RI. 2012.
Muhtamar, Shaff. Masa Depan Warisan Luhur Kebudayaan Sulawesi Selatan, Makassar: Pustaka Dewan Sulawesi. 2004.
Muid, Husain al-Mubarak dan Bukhari Abdul. Sembuh dengan Ruqyah, Cara Sunnah atasi Gangguan Jin, Sihir dan ‘Ain, Cet. III, Jakarta: CV Hilal Media Group, 2017.
Mulyani, Hesti dkk. Pengobatan Tradisional Jawa Dalam Manuskrip Serat Primbon Jampi Jawi, Jurnal Litera, Vol. 16, No. 1. 2017.
Musa, Muhammad Yusuf. Pengantar Studi Fikih Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar 2014.
Musbikin, Imam. Bukti-bukti Kemukjizatan Puasa untuk Terapi Diabetes. Yogyakarta: Diva Press. 2010.
Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir. Cet. II. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta. 2015.
Mustafa, Zulhas’ari. Mocera Tasi Ritual Among The Wotu Community In East Luwu. The Maslahat Perspective. Jurnal JISCA, Vol. 08, No. 01. 2019.
----------, Problematika Pemaknaan Teks Syariat Dan Dinamika Maslahat Kemanusian, Jurnal Perbandingan Mazhab. Mazahibuna. Vol. 2. No. I. 2020.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XXXVI. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif. 1997.
Mania, Sulaiman Saat dan Sitti. Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan bagi Peneliti Pemula, Gowa: Pusaka Almaida. 2019.
al-Naisa>bu>ri>, Muslim bin al-H{ajja>j Abu al-H{asan al-Qusyairi>. al-Musnad al-S{ah}i>h} al-Mukhtas}ir . t. th. Juz I. Bairu>t: Da>r Ih}ya>’ al-T{uras\ al-‘Arabi>.
al-Nadwi, Ali Ahmad. al-Qawa>’id al-Fiqhiyyah. Damaskus: Da>r al-Qalam. 2000.
Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
al-Nawawi>, Abi> Zakariya Muhyiddin bin Syarf. Kita>b al-Majmu’ Syarh{ al-Muhaz|{z{|ab Lisyi>ra>zi>. Juz IX. Jeddah: Maktabah al-Irsya>d. t.th.
Noer, Uliansyah. Metodologi Penelitian, Skripsi, Tesis, & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group. 2011.
Pranowo, Bambang. Islam Faktual Antara Tradisi dan relasi Kuasa. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa, 1998.
al-Qard{awi, Yusuf. Mauqif al-Isla>m. Kairo: Maktabah Wahbah, 1994.
------. Dirasah fi Fiqh Maqasid al-Syari’ah diterjemahkan Arif Munandar. Fiqih Maqashid Syariah. Jakarta: Pustaka Al-Kausta. 2017.
al-Qazwaini, Abu Abdullah Muhammad bin Yazid (Ibnu Majah). Sunan Ibnu Majah, Juz 4, Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1996.
Sabiq, Sayyid. Fiqh al-Sunnah. Juz I. Kairo: Dar al-Fat|. 2001.
Salim, Ahmad Muhammad. al-Islam al-‘Aqlani: Tajdid al-Fikr al-Dini ‘Inda Amin al-Khuli. Kairo: Maktabah al-Usrah. 2009.
Sapri, Imam A. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Usaha Nasional. 2009.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur‟an, Jakarta: Lentera Hati, 2002.
------. Wawasan al-Quran, Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 2003.
Shidiq, Sapiudin Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana. 2011.
al-Sijistaniy, Abu Dawud Sulaiman Ibn al-Asy’ats Ibn Ishaq ibn al-Basyir Ibn syaddad Ibn Umar. Sunan Abi Dawud, juz IV, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
Saefur, Rochmat. Pandangan Abdurrahman Wahid Tentang Relasi Islam dan Negara: Pendekatan Sosio-Kultural, Jurnal Millah, Vol. X, No. 2, 2011.
Salim, Sya’ban Ahmad. Ensiklopedia Pengobatan Islam, Terapi Gangguan Jin, Sihir, ‘Ain dan Berbagai Penyakit Fisik dengan: Ruqyah, Doa, Dzikir, Asmaul Husna, Bekam, Herbal dan Makanan Bergizi, Solo: Pustaka Arafah Group, 2017.
Siddique, Taufik Abdullah, Sharon. Tradisi dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Karya Unipress. 1989.
Saebani,BeniAhmad.Pedoman Aplikatif Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Cet. I. Bandung: PustakaSetia. 2017.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Soemardi, Selo Soemardjan dan Soelaiman. Setangkai Bunga Sosiologi. Cet. I. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI. 1964.
al-Shiddiqi, Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis. Cet. VIII. Jakarta: Bulan Bintang. 1998.
al-Syaukani, Muhammad bin 'Ali bin Muhammad. al-Qaul al-Mufid fi Adillah al-Ijtihad wa al-Taqlid. Juz I. Beirut: Dar al-Kitab, 1991.
Syauqi Alfanzari, Achmad. Penggunaan Ayat-Ayat al-Qur’an Sebagai Obat. Studi Living Qur’an di Ma’had Tahfidzul Qur’an Bahrusysyifa’ Bagusari Jogotrunan Lumajang Jawa Timur. Tesis. Surabaya: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. 2018.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet. 2005.
Susanto, Dedy. Dakwah Melalui Layanan Psikoterapi Ruqyah...Jurnal Bimbingan Konseling Islam. No. 2. 2014.
al-Razi, Ahmad bin Farish bin Zakariya al-Qazwini. Mu’jam Maqayis al-Lugah. Juz ll. t.th: Dar al-Fikr. 1979.
al-Razi, Fahruddin. al-Tafsir al-Kabir. Juz IX. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah. 1990.
Ridho, Ahmad Ali. Bekam Sinergi; Rahasia Sinergi Pengobatan Nabi, Medis Modern dan Traditional Chinese Medicine. Solo: Aqwa Medika. 2012.
Rohmansyah dkk, Hadis-Hadis Ruqyah Dan Pengaruh Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 18. No. 1. 2018.
Tambusai, Musdar Bustamam. Ensiklopedia Jin, Sihir dan Perdukunan, Yogyakarta: Pro-U Media. 2017.
------. Halal-Haram Ruqyah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar. 2013.
Tim Redaksi, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Makalah, Skripsi Tesis dan Disertasi. Makassar: Alauddin Press. 2013.
al-Tirmidzi, Muhammad bin Musa. al-Jami’ al-Kabir- Sunan al-Tirmidzi. Juz IV. Beirut: Dar al-Islami. 1998.
Wijaya, Aksin. Sejarah Kenabian Dalam Prespektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwaza, Bandung: PT Mizan Pustaka. 2016.
Yasid, Abu. Logika Ushul Fiqh: Interelasi Nalar, Wahyu, dan Maqashid Al-Syariah. Yogyakarta: IRCiSoD. 2019.
Zaid, Nasr Hamid Abu. Mafhum al-Nash Dirasah fi ‘Ulum al-Qur’an diterjemhkan oleh Khoiron Nahdliyyin dengan judul Tekstualitas al-Qur’an, Kritik Terhadap Ulumul Qur’an, Cet. III, Yogyakarta: LkiS Yogyakarta. 2013.
al-Zamakhsyari, Abu al-Qasim Mahmud bin ‘Umar bin Ahmad. Tafsir al-Kasysyaf. Bairut: Dar Ihya alTuras| al-‘Arabi. t.t.
Zakiyuddin Baidawi dan Mutaharrum Jinan, Agama dan Fluralitas Budaya Lokal, Surakarta; PSB-PS UMS. 2002.
al-Zarkasyi, Abu ‘Abdullah Badr al-Din Muhammad bin Abdullah. al-Burhan fī Ulūm al-Qur’an. Jilid I. Beirut: Dar al-Fikr. 1980.
al-Zuhaili, Wahbah. al-Fiqh al-Islam wa Adillatuh. Juz II. Damaskus: Dar al-Fikr. 1984.