Strategi Optimalisasi Anggaran Pendidikan Melalui Pendekatan Output Dan Outcame: Studi Kasus Pada Sekolah Berbasis Manajemen Mandiri

  • Farok Pascasarjana UIN Datokarama Palu
  • Adawiyah Pettalongi
  • Hamka Hamka Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Optimalisasasi Anggaran Output dan Outcame Manajemen Mandiri

Abstract

Artikel ini membahas strategi optimalisasi anggaran pendidikan dengan pendekatan output dan outcome, menggunakan studi kasus pada sekolah yang menerapkan sistem manajemen mandiri. Dalam konteks anggaran pendidikan yang terbatas, sekolah-sekolah ini dituntut untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal dengan fokus pada hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana manajemen mandiri dapat meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran melalui pengukuran output dan outcome yang jelas. Melalui studi kasus pada beberapa sekolah berbasis manajemen mandiri, penelitian ini menganalisis kebijakan, strategi, serta dampak dari pendekatan ini terhadap kualitas pendidikan dan efisiensi penggunaan anggaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan fokus pada beberapa sekolah yang menerapkan manajemen mandiri. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi, serta analisis dokumen anggaran dan laporan evaluasi kinerja. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif

Published
2025-05-27