Peran Organisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA) dalam Membantu Keaktifan Siswa di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu Kecamatan Kasimbar
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan tentang Peran Organisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA) dalam Membantu Keaktifan Siswa di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu Kecamatan Kasimbar. Dengan memakai metode kualitatif dan pendekatan analitis deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara organisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA) dan keaktifan siswa tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Untuk melakukan perubahan organisasional harus dimulai dari pembelajaran berorganisasi yang dibingkai dalam suasana kepemimpinan madrasah yang kondusif dengan tetap berpegang pada budaya organisasi madrasah. Selain itu juga harus meningkatkan motivasi para stake holder madrasah yang pada akhirnya bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Taraf kinerja dan peran organisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA) di lingkungan madrasah termasuk dalam kategori ‘sedang' atau cukup. Keaktifan siswa dalam proses mengikuti pembelajaran di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu maupun tingkat partisipasi dalam setiap momen sangat dipengaruhi oleh peranan oganisasi Persatuan Pelajar Islam Alkhairaat (PPIA). Perubahan karakteristik siswa akan terwujud bilamana secara langsung ataupun tidak langsung ada upaya pembelajaran organisasional dalam situasi kepemimpinan yang berbasis budaya organisasi dan dilandasi oleh motivasi kerja para anggota organisasi. Upaya pembelajaran organisasional dan suasana kepemimpinan madrasah yang dilandasi langsung oleh budaya organisasi, juga akan berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keaktifan siswa di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu Kecamatan Kasimbar. Budaya organisasi madrasah menjadi akar kultural bagi kepemimpinan di Madrasah Aliyah Alkhairaat Donggulu Kecamatan Kasimbar
References
H. Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, (Diterbitkan oleh PT. Gunung Agung, Jakarta, 1985).
H. Malayu S.P. Hasibuan, Organisasi dan Motivasi, (Diterbitkan oleh PT. Bumi Aksara, Bandung 1996).
J. winardi, Teori Organisasi dan Pengorganisasian, (Ed. 1; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006).
J. Winardi, Teori Organisasi dan Pengorganisasian, (Ed. 1-3; Diterbitkan oleh PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2006).
Malla, Hamlan Andi Baso, Khaeruddin Yusuf, M. Tahir Sapsuha, and Misnah Misnah. ‘The Transformative Leadership of School Principal Paradigm in Developing Students’ Religious and Social Characters’. Al-Ta Lim Journal 26, no. 3 (2019): 298–308.
M. Manulang, Dasar-dasar Manajemen (Cet. 17, Diterbitkan oleh : Gadjah Mada University Press, Bulaksumur, Yogyakarta).
Nanang Fatah, Landasan Manajmen Pendidikan, (Cet. VIII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).
Sangkala, Knowledge Management (Ed. 1; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007).
Wikipedia (on-line), 15 April 2010, Peran Manajemen Dalam Organisasi,(on-line) (http://www.id.wikipedia.org.com), diakses pada tanggal 19 April 2010