Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Memotivasi Kerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu
Abstract
Artikel ini membahas tentang Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Memotivasi Kerja Guru Pada Masa Pandemi covid-19 di MAN 1 Palu. Artikel ini merupkana hasil penetian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepemimpinan kepala madrasah yang diterapkan dalam memotivasi kerja guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Palu adalah strategi dengan melakukan pembinaan disiplin, menjadi teladan bagi guru, memotivasi semangat kerja guru, memberikan penghargaan pada guru yang berperstasi, membangun kelompok kerja yang aktif dan kreatif memberikan motivasi-motivasi, seperti memberikan pujian untuk setiap keberhasilan kerja guru, Memberikan motivasi dan menciptakan suasana kerja yang kondusif dimasa pandemi covid-19. Melakukan pengambilan keputusan secara musyawarah dengan bawahannya, kepala madrasah melakukan pengawasan kepada guru yaitu meliputi supervisi online. 2) Faktor Pendukung strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam memotivasi kerja guru pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Palu adalah terciptanya suasana yang kondusif, komunikasi yang terjalin baik antar warga madrasah, memberikan rasa aman terhadap guru, kebutuhan sosial, memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap guru, penghargaan terhadap guru yang berprestasi
References
B. Siswanto, Manajemen Modern. Konsep dan Aplikasi, ( Bandung: Sinar Baru, 2017).
Daryanto, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, (Yogyakarta: Gava Media, 2011).
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. (Bandung: Rosdakarya, 2002).
Euis Karwati & Doni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu, (Bandung: Alfabeta, 2013).
Hadari Nawawi, Kepemimpinan Menurut Islam. (Yogyakarta: Gajah Mada University Press 1993).
Hamdan Dimyati. Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2014).
Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011).
Malayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia ( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005).
Malayu Hasibuan, Organisasi dan Motivasi,( Bandung. Bumi Aksara. 2005).
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: Refika Abditama, 2008).
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014).
Nur Efendi, Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Parama Publishing, 2015).
Pandji Anoraga, Psikologi Kerja, (Jakarta: Rineka Cipta. 2005).
Soekarto Indrafachrudi, Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2006).
Sudarman Danim, Menjadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajara,n (Jakarta: Bumi Aksara, 2004).
Sudarwan Danim. Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Syafruddin Nurdin dan M Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum (Jakarta: Ciputat Press, 2013).