Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-nilai Multikultural di SMA Negeri 6 Palu

  • Firdiansyah Alhabsyi IAIN Palu
Keywords: Strategi, Guru PAI, Penanaman Nilai, Multikultural

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penanaman nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 6 Palu dan strategi guru Pendidikan agama islam dalam menerapkan nilai-nilai tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis dekskriptif, dengan menempuh tiga langkah utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian ini adalah Bentuk-bentuk penanaman nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 6 Palu yaitu berupa (a) nilai Inklusif; (b) Humanis; (c) Toleransi; (d) dan Tolong menolong. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 6 Palu, selain sebagai pembimbing peserta didik di sekolah, guru juga dapat dikatakan sebagai orang tua peserta didik yang ada di sekolah, guru menjadi panutan dan contoh terhadap perilaku yang akan diajarkan pada peserta didik.

References

Alhabsyi, Firdiansyah “Penanaman Nilai Agama Islam terhadap Siswa di SDN 3 Dolo (Tinjauan dari Segi Interaksi Edukatif)” Scolae: Journal of Pedagogy, Vol. 3 No. 1 (Juli 2020).
Bahri, Djamarah Syaiful dan Aswan Zaid. 2010. Strategi Belajar mengajar Rineka Cipta.
Dawam, Ain al-Rafiq. 2003. Emoh Sekolah, Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press.
Departemen Agama RI. 2010. al-Quran dan Tafsir: Edisi yang Disempurnakan Jilid II Jakarta: Departemen Agama RI.
Haditono. S.R. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Gadja Mada University Press. Yogyakarta.
Hasyim, H.A Dardi dan Yudi Hartono. 2009. Pendidikan Multikultural di Sekolah, Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UN.
Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat dan Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Kusmariani, Rosita Endang. Pendidikan Multikultural sebagai Alternatif Penanaman Nilai Moral dalam Keberagaman. Jurnal Paradigma , edisi 2 Tahun 2006.
Lincoln Yonna S. Dan Guba Egon G. 1985. Naturalistic Incuiry, (londong: Sage Publication.
Mahendrawati, Nanih dan Ahmad Syafe’i. 2001. Pengambangan Masyarakat Islam: dari Ideologi. Strategi Sampai Tradsi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mahfud, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural, (Pustaka elajar, Yokyakarta.
Majid, Abd. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manisya, Sitti. 2010. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan edisi 13 Tahun 2010.
Muhaimin. 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Nasution, S. 2011. Metode Research. Penelitian Ilmiah), Usul Tesis, Desain Penelitian, Hipotesis, Validitas, Sampling, Populasi, Obeservasi, Wawancara, Angket Jakarta: Bumi Aksara.
Prinato. 2011. Model-model Pembalajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Perstasi Pustaka, Jakarta: 2011.
Salmawati. Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-nilai Multikultural, Junal al-Ta’lim (Vol. 20, No. 1, 2013).
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif (Cet. XIX; Bandung: Alfabeta.
Yaqin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural Cross-cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan Pilar Media, Yogyakarta.
Published
2023-12-31