KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 KOTA PALU

  • Nawal Ramadhani Putri Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Palu. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kreativitas Guru dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Palu? 2) Bagaimana Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru sebelum mengajar selalu menyapa peserta didiknya dan memberikan semangat di dalam kelas seperti mengadakan ice breaking, absen secara acak, dan ditengah-tengah pembelajaran memberikan game kuis agar pembelajaran tersebut tidak monoton. Kemudian guru terlebih guru membagi dua kelompok lalu mereka diskusikan dengan batas waktu yang telah ditetapkan dan dipresentasekan. 2) Hasil dari Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dapat dikatakan bahwa model pembelajaran ini terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan selalu disiplin masuk kelas, pada saat jam pelajaran berlangsung peserta didik aktif dan dapat mengikuti pembelajaran diskusi dengan baik, selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu. Implikasi dan saran penelitian ini yaitu 1) Dalam proses pembelajaran di dalam kelas hendaknya seorang guru tidak berfokus pada satu model pembelajaran saja, guru harus kreatif dengan menyajikan berbagai model pembelajaran. Sehingga menjadikan pembelajaran lebih menarik agar peserta didik tidak menjadi bosan atau jenuh dalam mengikuti pelajaran. 2) Seorang guru diharapkan dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, agar peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut.

References

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (2008). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Fitriani, R. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam.
Alfi, N. (2017). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Edukasi Islamika.
Published
2023-12-31
How to Cite
Putri, N. R. (2023). KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 KOTA PALU. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 155-165. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/4036