Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu dalam Bingkai Kurikulum Merdeka

  • Aisyah Zahratunnisa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Siti Mugni Mohi Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Muspaida Rahim Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Palu dalam konteks Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada aspek penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi langsung terhadap proses pembelajaran serta aktivitas guru dalam melakukan penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan instrumen penilaian secara sistematis, dimulai dari penyusunan soal berdasarkan kompetensi, penggunaan tes objektif tipe HOTS untuk aspek pengetahuan, angket penilaian diri untuk aspek sikap, dan observasi praktik keagamaan serta lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk aspek keterampilan. Guru juga melaksanakan remedial secara terarah dengan fokus pada materi yang belum dikuasai siswa, serta memberikan pengayaan bagi siswa yang telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Dalam menghadapi tantangan Kurikulum Merdeka, guru berupaya menyesuaikan penilaian agar lebih fleksibel dan berpusat pada peserta didik. Evaluasi ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Palu telah mengarah pada prinsip asesmen holistik yang dianjurkan dalam Kurikulum Merdeka, meskipun masih terdapat ruang untuk pengembangan dalam pemanfaatan teknologi dan asesmen formatif berkelanjutan.

References

Aryana, S., Burhanudin, M., & San, D. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Ilelal: Jurnal Pendidikan, 7(2), 425–438
Dradjat, Zakiah, dkk. (1992). Ilmu Pendidikan .. Cet ke-2; Jakarta: Bumi Aksara.
Jiati. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 1(8), 683–93.
Muhaimin, Sutiah, dan Nur Ali. (2012). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet.V; Bandung: Remaja Roskadarya.
Wina, Sanjaya. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2024-06-28
How to Cite
Aisyah Zahratunnisa, Mohi, S. M., & Muspaida Rahim. (2024). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu dalam Bingkai Kurikulum Merdeka. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 6-10. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/4004
Section
Articles