Pentingnya Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu
Abstract
Artikel ini membahas tentang Pentingnya Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu serta kendala dan upaya dalam Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu, Untuk mengetahui Kendala dan Upaya dalam Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga teknik analisis datanya bersifat induktif, deduktif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pentingnya Penerapan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting sekali diterapkan untuk membuat peserta didik lebih cepat mengerti terhadap materi yang diajarkan dan membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar agar supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kendala dan upaya dalam Penerapan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam banyaknya peserta didik yang lahir dari keluarga yang berbeda agama sehingga kurangnya Pendidikan Agama sejak kecil, dan banyaknya peserta didik yang tidak bersemangat dalam belajar, serta tidak adanya alat peraga pendidik yang mendukung sehingga kegiatan praktek pembelajaran tidak bisa dilakukan pada beberapa materi. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pendekatan dan kolaborasi antara pendidik, wali kelas dan orang tua dan pembelajaran kegiatan praktek digantikan dengan menayangkan video pembelajaran.
Implikasi penelitian yang diperoleh disarankan pentingnya Pendekatan Terpadu diterapkan pada semua materi mengingat bahwa Pendidikan Agama harus dipelajari secara menyeluruh dan terpadu agar peserta didik dapat mengaplikasikan pelajaran yang ia dapatkan kedalam kehidupannya. Agar supaya peserta didik tidak hanya pandai secara kognitif, tetapi juga pandai secara psikomotorik.
References
Disadur dari Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam SMP (Jakarta: Puskur Depdiknas, 2004), 7
Johni, Pembelajaran Terpadu (Cet ke-2; Jakarta; PrenadaMedia Group, 2018), 78
Muhaimin, Sutiah, dan Nur Ali, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, ( Cet.V; Bandung: Remaja Roskadarya, 2012), 83
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam (Jakarta: Rajawali, 2006), 173.
Muhaimin, et.al, Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002), 78.
Murdiyanto Eko, Metode Penelitian Kualitatif, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”,(Cet.1 April 2020, Yogyakarta Press), 59
Mattew B. Milles, A. Michael Huberman, Quantitative Data Analisis. Diterjemahkan oleh Tjeptjep Rohendi, analisis data kualitatif (Cet. I; Jakarta: UI-Pres, 1992), 16.
S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah) Cet IV (Jakarta:Bumi Aksara 2004) h. 158