PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palu Angkatan 2019)

  • Rosita UIN Datokarama Palu
  • Rusdin UIN Datokarama Palu
  • Sjakir Lobud UIN Datokarama Palu
Keywords: Perbandingan, Prestasi Belajar, Mahasiswa, Aktif dan Tidak Aktif, Organisasi

Abstract

Artikel ini berkenaan dengan Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Aktif dan Tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palu Angkatan 2019) dan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palu angkatan 2019, 2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palu angkatan 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2019 FTIK IAIN Palu yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan dengan jumlah 218 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Rata-rata IPK mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebesar 3,76, IPK minimum 3,42 dan IPK maksimum 3,95. Sedangkan rata-rata IPK mahasiswa yang tidak aktif dalam kegiatan kemahasiswaan sebesar 3,67 IPK minimum 3,42 dan IPK maksimum 3,94. Nilai rata-rata mahasiswa yang  aktif dalam organisasi lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. 2) Dengan tingkat kepercayaan (a) = 0,05. Dari hasil pengujian yang diperoleh t hitung 3 dan t tabel 1,671 . Karena t hitung = 3 > t tabel = 1,671 maka berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Palu angkatan 2019. Dari kesimpulan yang diperoleh diharapkan kepada mahasiswa yang memiliki banyak waktu kosong untuk bisa aktif dalam organisasi guna menambah pengetahuan yang tidak didapatkan di dalam kelas dan bisa membagi waktunya dengan baik.

Published
2022-12-29
Abstract - 28