PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 POSO PESISIR UTARA
Abstract
Pembelajaran jarak jauh seperti pembelajaran daring mulai diterapkan hampir di seluruh wilayah Indonesia semenjak munculnya Corona Virus Diases atau yang sering di sebut dengan Covid-19 pada pertengahan bulan Februari 2019. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan antara peserta didik dan guru dalam berinteraksi selama pembelajaran dengan bantuan internet. Pelaksanan pembelajaran daring memerlukan dukungan perangkat mobile seperti smartphone, telephone, laptop, computer, dan tablet yang dapat dipergunakan dimana saja dan kapan saja. Dengan perubahan metode pembelajaran yang awalnya semua serba tatap muka menjadi berbasis jaringan dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik apa lagi dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, dimana dalam mata pelajaran ini praktek-praktek sering digunakan. SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara adalah salah satu sekolah yang terbaik di Poso Pesisir Utara dan salah satu sekolah yang menerapkan metode pembelajaran daring. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk menganalisis Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Data diolah menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Regresi Linier Sederhana dan uji signifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Pembelajaran Daring mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisien regresi b = 0,529, dengan hasil uji t 0,00 < 0,05 artinya variabel metode pembelajaran daring berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara dan metode pembelajara daring mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 50,9% sedangkan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.