PERANAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HASAN TUMBU MAMUJU TENGAH
Abstract
Peranan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Tumbu Kabupaten Mamuju Tengah. Uraian skripsi ini berangkat dari latar belakang bahwa guru memiki fungsi dan peran strategis akan keberhasilan pendidikan sehingga diharapkan agar terus dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas kompetensinya dengan memanfaatkan KKG sebagai wadah pengembangan profesionalisme. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peranan Kelompok Kerja Guru dalam meningkatkan profesionalisme guru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Kelompok Kerja Guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Tumbu Mamuju Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data terdiri dari data primer dan sekunder dengan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara praktis KKG Madrasah Ibtidaiyah Mamuju Tengah sudah dapat memenuhi peranannya sebagai wadah pembinaan guru dalam meningkatkan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hasan Tumbu melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan satu kali dalam sebulan selama satu tahun ajaran yang meliputi pelatihan pembuatan administrasi pembelajaran, perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP, metode dan praktik mengajar melalui tutor sebaya, membuat Prota dan Promes, pebuatan kisi-kisi dan soal ujian sesmester, penentuan KKM, penilaian dan pengisian rapor siswa. Adanya berbagai faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan KKG Madrasah Mamuju Tengah antara lain adalah keterbatasan dana untuk menambah program kegiatan, keterbatasan perangkat pembelajaran/kegiatan yang dimiliki para guru peserta KKG, dan jarak ketempat kegiatan KKG kadang terlalu jauh sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ditempat kegiatan. Implikasi penelitian ini adalah mendorong para praktisi pendidikan utamanya pemerintah, pengurus KKG, Kepala Sekolah dan para guru untuk terus memberikan perhatian terhadap pengembangan dan peningkatan profesionalisme guru melalui berbagai program pembinaan dan pengembangan guru khususnya KKG Madrasah Ibtidaiyah demi terwujudnya profesionalisme guru untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing