Upaya Pembinaan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Bina Insan Kota Palu
Abstract
Artikel ini membahas Upaya Pembinaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Alquran Melalui Metode Wafa di SDIT Bina Insan Kota palu. Berawal dari keinginan untuk menjadikan sekolah Quran, maka SDIT Bina Insan melakukan Program Pembinaan Guru terhadap peningkatan kualitas Alquran. Semua guru yang ada di SDIT Bina Insan, baik guru lama maupun yang baru masuk mengajar di sekolah. Diwajibkan untuk dapat mengajarkan Alquran, yakni kepada peserta didik. Berkenan dengan hal tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan adalah: 1. Bagaimana Upaya Pembinaan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Alquran melalui Metode Wafa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Kota Palu. 2.Apa saja kelebihan dan kelemahan Pembinaan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Alquran Melalui Metode Wafa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Kota Palu. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif deskriptif analitik, yaitu sebagaimana yang telah diketahui, penelitian yang mengambarkan atau mendeskripsikan tanpa uji angka-angka maupun statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan Guru terhadap peningkatan kualitas Alquran di SDIT Bina Insan ditunjukan dengan adanya halaqah Quran. Adapun tujuan dari halaqah Quran yang dimaksud adalah memperbaiki bacaan, tempat menambah hafalan, Tasmi Alquran
References
Atiyah, Dewi Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Di TK IT Harapan Bunda Purwakerto Timur, Purwakerto, 2019
Abdurrohim, Hasan. Buku Strategi Pembelajaran Alquran metode Tilawati Surabaya: Pesantren Nurul Falah Surabaya, 2010.
Arifuddin M. Arif, Cara Cepat Memahami Konsep Pendidikan Dan Pembelajaran Agama Islam (PAI), Sulawesi Tengah: EnDeCe Press, 2014.
Ahmad, Syam Madyan, Peta Pembelajaran Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Amini, Profesi Keguruan Medan: Perdana Publishing, 2013.
Al-qaththan, Syaikh Manna Al-qaththan. Pengantar Studi Ilmu Al- quran Jakarta timur: Pustaka alkausar, 2005.
Asmara, husna. Profesi Kependidikan Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2018.
Depertemen Agama Republik Indonesia, Alquran dan Terjemah, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006
Hamid, Abdul Hamid. Pengantar Studi Al-Qur’an Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Imron Habibi, Findi “Penerapan Metode Wafa Dalam meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri”. Kediri, 2018.
Ibnu Rusyd, Raisya Maulana, Paduan Praktis dan Lengkap Tahsin Tajwid Tahfizh untuk Pemula. Yogyakarta: Laksana, 2019.
Mu’abbad, Ahmad Muhammad. Paduan Lengkap IlmuTajwid. Cet. VI, Solo:TAQIYA Publising, 2020.
Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2001.
Muhammad Mustafa al-A’zami, Sejarah Teks Al-quran dari wahyu sampai kompilasi, Jakarta: Gema Insani Press, 2005.
Nata Abudin, Pendidikan dalam perspektif Al-Quran, Jakarta: Prenademedia Group, 2016
Russyd, Raisya Maula Ibnu, Paduan Praktis & Lengkap Tahsin Tajwid Tahfizh Untuk Pemula. Cet. 1; Yogyakarta: Laksana, 2019.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Bandung Alfabeta, 2015.
Yusuf, Khaeruddin, Fadhl Hadi Waziin, and A. Markarma. ‘The Correlation Discourse of the Quran Verses in the Tafsir Fi Żilāli Al-Qurān By Sayyid Quṭb’. Proceeding of International Conference on Islamic and Interdisciplinary Studies 1 (23 October 2022): 34–39.