Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Sentra Alam Sekitar di Raudhatul Athfal DWP I Kanwil Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendekatan saintifik pada sentra alam sekitar khususnya di kelompok B3 di Raudhatul Athfal DWP I KANWIL Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini yang menggunakan kaidah ilmiah melalui tahapan observasi, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan dengan tujuan membiasakan peserta didik berpikir, bersikap dan berkarya sesuai dengan kaidah ilmiah. Focus penelitian berdasarkan latar belakang di atas adalah bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada sentra alam sekitar di Raudhatul Athfal DWP I KANWIL Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah .Apa saja kendala serta solusi dalam penerapan pendekatan saintifik pada sentra alam sekitar di Raudhatul Athfal DWP I KANWIL Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan pendekatan saintifik pada sentra alam sekitar di Raudhatul Athfal DWP I KANWIL Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tengah melalui tiga tahapan yaitu, pertama tahap persiapan,Kedua, tahap pelaksanaan. Ketiga tahap evaluasi, yaitu guru melakukan penilaian terhadap peserta didik. Kendala dalam penerapan pendekatan saintifik yaitu, pertama terbatasnya guru di dalam kelas, dengan solusi guru melakukan kerja sama dan pembagian tugas agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan efektif. Kedua, Ada beberapa peserta didik yang karakternya pendiam, dengan solusi guru melakukan pendekatan khusus dan dibutuhkan kreatifitas guru agar peserta didik bisa kembali aktif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Ketiga, terbatasnya waktu, dengan solusi guru berusaha untuk memanfaatkan waktu dengan baik berpedoman pada RPPH. Implikasi dari penelitian ini yaitu bagi pembaca diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu tentang penerapan pendekatan saintifik pada sentra alam sekitar.
Copyright (c) 2022 Prosiding Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Multidisciplinary di Era Society 5.0
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.