Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era Society 5.0
Abstract
Menumbuhkembangkan nilai-nilai universal dan mengembangkan karakter bangsa sebaiknya dimulai sejak usia dini. Anak usia dini mengalami perkembangan yang relative sangat cepat dalam berbagai aspek termasuk aspek agama, moral, sosial, intelektual, dan emosi. Artikel ini akan membahas perlakuan pendidikan yang diberikan pada usia dini yang diyakini akan terpateri kuat di dalam hati dan pikiran anak secara jernih. Dalam konteks pendidikan karakter, jika anak didik dengan baik, diberi contoh yang baik, dan dibiasakan hidup dengan nilai dan karakter yang baik, maka mereka cenderung menjadi orang yang baik yang berhati emas, berpikiran positif, dan berbudi mulia. Persoalannya adalah bagaimana mengembangkan karakter yang baik pada anak usia dini? Apa saja tema dan kegiatan yang yang relevan untuk mengembangkan karakter pada anak usia dini? Bagaimana melakukan asesmen perkembangan karakter pada anak usia dini? Untuk menjawab berbagai persoalan tersebut, artikel tersebut menggunakan metode penelitian berbasis library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat ditanamkan pada anak usia dini dengan merancang dan mengembangkan kegiatan yang relevan dengan kebutuhan, kesukaan, dan usia anak. Riset ini juga menunjukkan bahwa asesmen perkembangan karakter anak perlu dirancang sedemikian rupa guna memantau pertumbuhan karakter dalam diri anak.
Copyright (c) 2022 Prosiding Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Multidisciplinary di Era Society 5.0
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.