Pengaruh Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Azhar Mandiri Palu

  • Erlis Wulandari Kurniawati
  • Arifuddin M. Arif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25.0 dalam pengujian hipotesis untuk menentukan kesimpulan. Pengambilan sampel menggunakan teknik klasifikasi random sampling. Sampel pada penelitian ini 83 peserta didik di SMA Al-Azhar Mandiri Palu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa deskriptif keberhasilan belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata yaitu 86 dan 52 peserta didik memiliki nilai sangat baik dengan persentase 62,65% dan 31 peserta didik memiliki nilai yang baik dengan persentase 37,35%. Kemudian analisis inferensial hasil penelitian menunjukkan bahwa varibel X minat berpengaruh terhadap variabel Y keberhasilan belajar dilihat dari data hasil analisis koefisien determinasi sebesar 68,5% dan  nilai signifikansi  0,00 ≤ α 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh minat terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Azhar Mandiri Palu.

Published
2022-08-09