Intervensi Yayasan Pusat Kajian Dan Perlindungan Dalam Melakukan Pencegahan Kasus Kekerasan Anak Di Desa Bale
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana intervensi yayasan pusat kajian dan perlindungan anak dalam melakukan pencegahan kasus kekerasan anak di desa bale. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian telah di dapatkan bahwa intervensi yayasan pusat kajian dan perlindungan anak dalam melakukan pencegahan kasus kekerasan anak di desa bale. Bekerja sama dengan Dp3a kabupaten donggala, pemerintah desa, puskesma, vokal point dan lembaga-lembaga lain yang berfokus dalam melakukan pencegahan terhadap kasus kekerasan anak. Adapun implementasi yang dilakukan pusat kajian dan perlindungan anak dalam melakukan pencegahan terhadap kasus kekerasan anak yaitu melakukan talk show radio sebagai sarana informasi yang didalamnya membahas tentang kekerasan anak, kemudian ada sosialisasi yang dimana meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hak anak, kesejahtraan dan keamanan untuk anak. Dan browsur yang dimana menginformasikan kepada masyarakat dalam bentuk tertulis guna untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara melindungi anak-anak agar terhindar dari kekerasan dan terakhir yaitu kebijakan dari pemerintah yaitu serangkaian kebijakan yang dibuat oleh pemerintah desa yang dialokasikan secara sah oleh pemerintah/negara kepada seluruh anggota masyarakat untuk memecahkan masalah yang dihadapi guna mencampai tujuan tertentu demi kelancaran dan kesuksesan sebuah program yang dibuat.
References
Anonim.PengendalianSosialdalamhttps;//id.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_sosial#BerdasarkanSifat diakses 22 Maret 2018
Arifin. Imron, Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada Press, 2010.
Bismar Siregar, Telaah Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Anak dan Wanita. (Yogyakarta : Pusat Studi Kriminologi F. H. UII, 1986), 3.
B. Milles. Matthew dan A. Michael Huberman, Qualitative Data Analisis, diterjemahkan oleh Tjecep Rohendi Rohili dengan judul Analisis Data Kualitatif: Buku tentang Metode-metode Baru, Cet. I; Jakarta: UI Pres,2005.
Bungin. Burhan, Peneiltan Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya, Edisi. I. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Eva Nuriyah Hidayat “Intervensi Pekerja Sosial Terhadap Orang Tua Dalam Pencegahan Perilaku Kekerasan Pada Anak 2023
Http://eprints.undip.ac.id/46181/3DEBYPRISCIYALPUTRI_22010111110152.Lap_KTI-BAB2.Pdf diakses pada tanggal 15 Juni 2023.
Http://File.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.PSIKOLOGI.PEN.DAN.BIMBINGAN/196005 0119831 diakses tanggal 18 Juli 2023.
Https://id.wikipedia.org/wiki/Intervensi 2024
Https:/www-inilah.com/data-statistik-Kekerasan-Pada-anak-di-indonesia, diakses pada 16 Juli 2023.
Http://repository.uinsuska.ac.id/15367/7/7.%20BAB%2011 2018942ADN.pdf,diakses pada 18 Juli 2023
Https://timesindonesia.co.id/glutera-news/271500/arti-promotif-preventif-
Rahmawati, S. 2018. Pengaruh Religiusitas Terhadap Penerimaan Diri Orangtua Anak Autis di Sekolah Luar Biasa XYZ. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 4 (1).
Https://tafsirweb.com/4872-surat-al-kahfi-ayat-46.html
Https://www.academia.edu/45006608/Definisi_Kuratif_Rehabilitatif_Preventif_dan_ Promotif_, diakses 18 Juli 2023.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Jakarta: Ikapi, 2013.
Jamil. Salim, 2003, Kekerasan dan Kapitalisme, Pendekatan Baru dalam Melihat hak Asasi Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
J. Moleong. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XVII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
J. S. Poerwadarmita, W. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka : Armico, 1984.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Indonesia,2014.
Koentjaraningrat, Dasar-Dasar Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 1981.
Lihat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Liza Agnesta Krisna, Panduan Memahami Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum, (Yogyakarta: Deepublisher, ,2018), 6.
Louise C. Johnson, Praktek Pekerjaan Sosial (Suatu Pendekatan Generalist), terj. Tim Penerjemah STKS Bandung (Bandung, 2001). 62.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Marsana Windu. I, Kekuasaan dan Kekerasan Menurut Johan Galtung, cet; VI. Yogyakarta Kanisius, 2001.
Margono. S, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Mas‟ud Khasan Abdul Qohar, dkk, Kamus Ilmiah Pengetahuan Populer, (Yogyakarta: CV.Bintang Pelajar, 1995) 178.