Penerimaan Diri Orang Tua pada Anak Autis di Klinik Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSUD Madani Kota Palu

  • Indah Sukma Dewi Isnan UIN DATOKARAMA PALU
  • Yulian Sri Lestari UIN Datokarama Palu
  • Andi Muthia Sari Handayani UIN Datokarama Palu
Keywords: Penerimaan Diri, Orang Tua, Anak Autis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan bentuk penerimaan diri orang tua dari anak autis di klinik kesehatan jiwa anak dan remaja RSUD Madani Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, lima orang tua dari anak autis sebagai subjek pada penelitian ini. Hasil dari penelitian, ditinjau dari proses penerimaan diri orang tua anak autis di klinik kesehatan jiwa anak dan remaja RSUD Madani Kota Palu yang telah dilalui subjek dimulai dari tahap penolakan, tahap amarah, tahap penawaran, tahap depresi dan tahap penerimaan. Beraneka ragam bentuk penerimaan diri subjek, bentuk pertama adalah memahami keadaan anak apa adanya, bentuk kedua, menyadari apa yang bisa dan belum bisa dilakukan anak, bentuk ketiga yaitu membentuk ikatan batin yang dilakukan bersama anak dan bentuk keempat adalah mengupayakan alternatif penanganan sesuai kebutuhan anak. Tahap dan bentuk penerimaan orang tua saling terhubung, sebelum adanya bentuk, orang tua akan melewati beberapa tahap penerimaan, sama halnya yang dilalui lima orang subjek pada penelitian ini.

References

Ade S.F, dan I. Darmawanti. 2016. Studi Kasus Penerimaan Seorang Ayah Terhadap Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 7 (1).
Atikah, F.O. 2022. Gambaran Ketercapaian Terapi Pada Anak Dengan Autisme Di Poli Sub Spesialis RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia. 3 (1).
Dirgayunita, A. 2016. Depresi:Ciri,Penyebab dan Penangannya. Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi. 1 (1).
Iskandar, S. dan Indaryani. 2020. Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. Journal of Health Studies 4 (2).
Kosasih, H. 2017. Gambaran Penerimaan Orang Tua Dengan Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (Slb) C “Dg” Dan Slb C “Sj”. Psibernetika. 9 (1): 27-36.
Munisa, Sofni I. A.L, dan RitaN. 2022. Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Jurnal Warta Dharmawangsa 16 (3): 58-64.
Nurhasyanah. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Diri Pada Wanita Infertilitas. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi 1 (1).
Oktaviani, M.A. 2019. Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 7 (4).
Ramadaniati, S.A.2023. Tiga Keluarga Anak Autis Di Kota Palu. Universitas Tadulako.
Sani, R.A. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. I, Kencana. Jakarta.
Siti, R. 2017. Pengaruh Religiusitas Terhadap Penerimaan diri Orangtua Anak Autis di Sekolah Luar Biasa XYZ. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 4 (1).
Sumiati, Neneng.T, Nia.T, dan Syanindia, A.D. 2022. Validitas Konstruk Porter Parental Acceptance Scale (PPAS) pada Orang Tua dengan Anak Autis. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi 11 (1).
Vera, P dan Witrin, G. 2016. Gambaran Penerimaan Diri (self acceptance) pada Orang yang Mengalami Skizofrenia, Jurnal Ilmiah Psikolog 3 (1): 139.
Published
2024-07-27