Peningkatan Nilai Produk Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Awu Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai Di Era Digital

  • Andini Andini UIN Datokarama Palu
Keywords: Peningkatan Nilai Produk UMKM, digital, Jurnal Pengambdian Masyarakat

Abstract

Peningkatan nilai produk menjadi aspek yang sangat penting dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peningkatan nilai produk menjadi nilai tambah dalam pemasaran agar konsumen lebih tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan kelompok KKN-T karena kurangnya antusiasme di Desa Awu dalam peningkatan nilai produk. Tujuan yang ingin dicapai dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM Desa Awu terkait pendaftaran usaha di google maps, logo brand dan sertifikasi halal. Metode yang digunakan terdapat 3 tahapan, yaitu observasi atau survei, pendaftaran UMKM melalui maps, pembuatan logo brand, sosialisasi program sertifikasi halal, pendataan UMKM yang mengikuti sertifikasi halal, dan pelaksanaan pendampingan sertifikasi halal. Jumlah UMKM yang telah didata oleh tim KKN Tematik di Desa Awu dapat diketahui sekitar 6 UMKM dan yang berkenan dan berhasil didaftarkan usahanya di google maps sebanyak 2 UMKM, pembuatan logo Brand 1 UMKM, dan pendaftaran sertifikasi halal sebanyak 2 UMKM.

Published
2024-06-30