Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik

  • Adi Dasuki Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Hamka Hamka Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Rustina Rustina Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Strategi, Interaksi, Guru, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, menggambarkan akhlakul karimah, serta menjabarkan dampak dari strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan spiritual, psikologis dan pedagogis. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru pendidikan agama islam. Sumber data sekunder berasal dari data guru, data peserta didik dan data sarana prasarana. Instrumen penelitian yang utama adalah peneliti sendiri kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan observasi, wawancara dan cek domuentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu proses memilih data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan agama islam yang digunakan di SMPN 01 Tikke adalah strategi pembelajaran inkuiri, ekspositori, cooperative, afektif dan problem solving, yang terdiri dari tanya jawab, diskusi, ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan, punishment dan reward. Gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indikator penilaian yaitu keagamaan, kedisiplinan pergaulan, kebersihan, dan tanggung jawab peserta didik. Dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlaku karimah peserta didik sudah cukup baik, peserta didik mulai rajin beribadah, disiplin, bertanggung jawab terhadap pergaulan dan diri sendiri. Tetapi strategi tersebut belum mencapai yang diharapkan, sehingga strategi tersebut harus dikembangkan dengan mencari strategi pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan akhlakul karimah peserta didik

Published
2025-06-26