Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Generasi Muslim di Era Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)
Abstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa dampak besar bagi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Di satu sisi, AI menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam proses pembelajaran; namun di sisi lain, teknologi ini juga menimbulkan tantangan nilai, etika, dan spiritualitas, khususnya bagi generasi Muslim. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi yang tidak hanya cakap secara teknologi, tetapi juga memiliki keimanan dan akhlak yang kuat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pendidikan Islam dalam membentuk generasi Muslim yang adaptif terhadap kemajuan AI tanpa kehilangan nilai-nilai keislaman. Dengan menggunakan metode studi pustaka, artikel ini menelaah literatur keislaman dan teknologi pendidikan kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dapat berperan sebagai penyeimbang antara kemajuan teknologi dan pembinaan moral, melalui integrasi nilai-nilai tauhid, adab, serta tanggung jawab dalam kurikulum dan proses pembelajaran. Strategi penguatan literasi digital Islami dan pengembangan teknologi yang beretika menjadi langkah kunci dalam pembentukan generasi Muslim unggul di era AI.
Copyright (c) 2025 Lily Septiani, Ahmad Syahid, Ubadah Ubadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.