Implementasi Teori-Teori Administrasi (Kajian Teori Henry Fayol) dalam Dunia Pendidikan

  • Risno Risno Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Teori Heny Fayol, Administrasi Pendidikan, Lima Fungsi Utama Manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teori administrasi klasik Henri Fayol dalam konteks penyelenggaraan pendidikan. Henri Fayol memperkenalkan lima fungsi utama manajemen—perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan—yang dinilai relevan dalam mengelola institusi pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber ilmiah, seperti jurnal akademik, buku teori manajemen, dan publikasi digital, kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip manajerial Fayol dapat diimplementasikan dalam pengelolaan sekolah, mulai dari perencanaan kurikulum, pengaturan tugas guru, pembinaan tenaga pendidik, hingga evaluasi mutu pembelajaran. Selain itu, 14 prinsip manajemen yang diajukan Fayol turut memperkuat budaya organisasi pendidikan yang disiplin, terstruktur, dan berorientasi pada pencapaian tujuan. Dengan demikian, teori Fayol masih relevan sebagai landasan konseptual dalam meningkatkan profesionalisme dan mutu administrasi pendidikan di era modern.

Published
2025-06-26