Efektifitas Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Sigi

  • Asnani M. Saula Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Jihan Jihan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Penggunaan Artificial Intelligence, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) menjadi salah satu terobosan signifikan dalam upaya merevolusi sistem pendidikan masa kini. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), penggunaan AI memberikan peluang untuk meningkatkan efektivitas penyampaian materi sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Sigi. Di era digital yang berkembang pesat, AI telah menjadi inovasi penting dalam mendukung proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI, seperti aplikasi berbasis chatbot islami, video pembelajaran adaptif, dan platform interaktif berbasis AI, mampu meningkatkan minat belajar, pemahaman materi, serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI. Namun, ditemukan pula tantangan seperti literasi digital yang belum merata dan perlunya pengawasan terhadap konten agar tetap sesuai dengan ajaran Islam. Dengan demikian, pemanfaatan AI dalam PAI di SMKN 1 Sigi dinilai efektif, namun tetap memerlukan dukungan strategis dari pihak sekolah dan guru.

Published
2025-06-26