Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Kajian Teoritis
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya penguatan karakter peserta didik di era Kurikulum Merdeka. Kajian ini bersifat teoretis dengan pendekatan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah analisis literatur terhadap konsep nilai-nilai pendidikan Islam, Profil Pelajar Pancasila, serta strategi implementasi nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi tauhid, ibadah, akhlak, dan muamalah, memiliki kontribusi penting dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila, terutama dalam dimensi religiusitas dan moralitas. Penulis merefleksikan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang efektif dalam P5 membutuhkan sinergi antara guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam P5 dapat memperkuat karakter peserta didik agar menjadi pelajar yang berakhlak mulia, toleran, dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Copyright (c) 2025 Sunardy Sunardy, Askar Askar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.