Integrasi Nilai Islam dalam Desain Kurikulum Terpadu di Sekolah Islam Terpadu
Abstract
Penelitian ini mengkaji adalah bagaimana nilai-nilai Islam dapat terintegrasi secara efektif dalam kurikulum. . Fokus kajian tertuju pada integrasi nilai-nilai Islam pada Sekolah Islam Terpadu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam dapat terintegrasi secara efektif dalam kurikulum Sekolah Islam Terpadu, dengan cara menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang memasukkan nilai-nilai Islam pada proses pembelajaran serta membiasakannya dalam pola kegiatan sehari-hari peserta didik. Sedangkan dalam aspek lain proses integrasi nilai-nilai Islam pada Sekolah Islam Terpadu dapat dilihat dari standar khas kurikulum pada sekolah tersebut, dimana dari dari sisi filosofis, prinsip, hakikat dan tujuan, misi, serta standar kelulusan Sekolah Islam Terpadu benar-benar mengimplementasikan integrasi nilai-nilai Islam secara efektif mulai dari tingkat paud sampai menengah.
Copyright (c) 2025 Zulham Zulham, Erniati Erniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.