Membangun Budaya Sekolah yang Inklusif melalui Pendekatan Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Sigi

  • Ardiangsyah Ardiangsyah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Moderasi Beragama, Budaya Inklusif, Pendidikan, Sekolah Menengah, Toleransi

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam membangun budaya sekolah yang inklusif di SMA Negeri 1 Sigi. Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya sikap toleran, anti-kekerasan, menghargai keberagaman, dan cinta tanah air, yang sangat relevan diterapkan di lingkungan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Sigi telah mengintegrasikan prinsip- prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta dalam interaksi sosial antarwarga sekolah. Faktor pendukung utama keberhasilan ini adalah kepemimpinan inklusif kepala sekolah, peran aktif guru agama, serta kolaborasi antar pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan moderasi beragama berkontribusi signifikan dalam menciptakan budaya sekolah yang inklusif, serta dapat menjadi strategi preventif terhadap potensi intoleransi dan radikalisme di kalangan pelajar.

Published
2025-08-18