Membangun Budaya Sekolah yang Inklusif melalui Pendekatan Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Sigi
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam membangun budaya sekolah yang inklusif di SMA Negeri 1 Sigi. Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya sikap toleran, anti-kekerasan, menghargai keberagaman, dan cinta tanah air, yang sangat relevan diterapkan di lingkungan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Sigi telah mengintegrasikan prinsip- prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta dalam interaksi sosial antarwarga sekolah. Faktor pendukung utama keberhasilan ini adalah kepemimpinan inklusif kepala sekolah, peran aktif guru agama, serta kolaborasi antar pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan moderasi beragama berkontribusi signifikan dalam menciptakan budaya sekolah yang inklusif, serta dapat menjadi strategi preventif terhadap potensi intoleransi dan radikalisme di kalangan pelajar.
Copyright (c) 2025 Ardiangsyah Ardiangsyah, A. Markarma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.