Studi Konseptual tentang Sistem Informasi Manajemen dalam Konteks Lembaga Pendidikan
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam sistem pengelolaan pendidikan. Salah satu bentuk adaptasi teknologi di bidang pendidikan adalah implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai alat bantu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen lembaga pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual hakikat, fungsi, dan manfaat dari sistem informasi manajemen dalam konteks lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yaitu dengan menelaah berbagai literatur dari buku, artikel jurnal, dan publikasi ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam lembaga pendidikan merupakan alat strategis yang mendukung efisiensi pengelolaan data, peningkatan layanan, dan pengambilan keputusan yang akurat. Melalui integrasi teknologi, SIM mempermudah akses informasi, mempercepat proses administrasi, dan memperkuat transparansi manajerial. Meski demikian, implementasinya memerlukan kesiapan sumber daya manusia dan sikap bijak agar manfaatnya tidak tergeser oleh dampak negatif seperti ketergantungan teknologi dan berkurangnya interaksi sosial. Dengan penerapan yang tepat, SIM dapat menjadi fondasi penting bagi penguatan mutu pendidikan di era digital.
Copyright (c) 2025 Sitti Elisa Nur, Sofyan Bachmid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.