Transformasi Pendidikan Islam di Era AI: Menyongsong Generasi Ulul Albab Digital

  • Nurul Farikhatus Sholikhah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Kamaruddin Kamaruddin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Transformasi Pendidikan, Islam, Ulul Albab, Digital, Generasi Muslim

Abstract

Transformasi pendidikan Islam di era digital menuntut perubahan paradigma dalam membentuk generasi Ulul Albab yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam kehidupan beragama. Penelitian ini mengkaji konsep Ulul Albab dalam konteks pendidikan Islam kontemporer dan menganalisis strategi transformasi pendidikan untuk menghasilkan generasi yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, dan digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi pendidikan Islam memerlukan integrasi antara nilai-nilai tradisional Islam dengan teknologi digital melalui kurikulum yang adaptif, pendekatan pembelajaran yang inovatif, dan pengembangan kompetensi digital yang berbasis akhlak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam harus mengembangkan model pembelajaran yang mampu mencetak generasi Ulul Albab Digital yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan spiritual dalam menghadapi tantangan zaman

Published
2025-08-03