Penerapan PDCA Cycle dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Kajian Pustaka Manajemen Mutu)

  • Rani Rosvita Ningrum Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: PDCA Cycle, Mutu Pembelajaran, Manajemen Mutu

Abstract

Peningkatan mutu pembelajaran merupakan tantangan mendasar dalam dunia pendidikan yang menuntut adanya pendekatan manajerial yang sistematis dan berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam manajemen mutu adalah siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act), yang awalnya dikembangkan dalam dunia industri namun kini banyak diadopsi dalam sektor pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan siklus PDCA dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui pendekatan kajian pustaka terhadap teori-teori manajemen mutu serta studi empiris yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), dengan menghimpun literatur dari buku, jurnal ilmiah, peraturan pemerintah, dan dokumen resmi lainnya yang berkaitan dengan manajemen mutu pendidikan dan PDCA. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi PDCA dalam pembelajaran mencakup empat tahapan utama: perencanaan pembelajaran yang berbasis data dan kebutuhan peserta didik, pelaksanaan pembelajaran yang partisipatif dan interaktif, evaluasi menyeluruh terhadap proses dan hasil belajar, serta tindakan perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi. Penerapan PDCA terbukti mendorong profesionalisme guru, membentuk budaya evaluatif dan reflektif, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, PDCA merupakan strategi manajerial yang relevan dan aplikatif dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan, terutama di era transformasi digital dan kompleksitas kebutuhan belajar peserta didik saat ini.

Published
2025-08-03