Strategi Implementasi Kecerdasan Buatan untuk Penguatan Kompetensi Guru Raudhatul Athfal Kota Tarakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam penguatan kompetensi guru Raudhatul Athfal (RA) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Dengan berkembangnya teknologi digital, integrasi AI dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis, penelitian ini mengkaji kondisi eksisting kompetensi guru RA, mengidentifikasi potensi implementasi AI, dan merumuskan strategi yang tepat untuk konteks lokal Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AI dapat dilakukan melalui empat strategi utama: pengembangan literasi digital guru, pelatihan penggunaan tools AI untuk pembelajaran, integrasi AI dalam perencanaan pembelajaran, dan pembentukan komunitas belajar berbasis teknologi. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup pentingnya dukungan infrastruktur, pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi antara stakeholder pendidikan untuk memastikan implementasi yang berkelanjutan dan efektif.
Copyright (c) 2025 Rusdiani Salikunna, Erniati Erniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.