Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (ChatGPT) untuk Meningkatkan Pembelajaran di MTs Alkhairaat Wosu

  • Siti Zuchrufa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Rustina Rustina Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Pembelajaran, MTs, Society 5.0

Abstract

Era Society 5.0 membawa tantangan dan peluang baru dalam dunia pendidikan, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), seperti ChatGPT, sebagai asisten belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan ChatGPT dapat membantu proses pembelajaran di MTs Alkhairaat Wosu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan ChatGPT dapat meningkatkan motivasi belajar Peserta didik, membantu pendidik dalam penyusunan materi, dan memberikan akses belajar mandiri kepada Peserta didik. Namun, terdapat pula tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya literasi digital di kalangan pendidik dan Peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan ChatGPT sangat potensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan catatan pendampingan dan pengawasan yang tepat.

Published
2025-08-03