Islamic Education in the Digital Era: A Systematic Literature Review
Abstract
Kemajuan teknologi digital yang pesat telah mentransformasi lanskap pendidikan Islam secara mendalam, menghadirkan berbagai peluang sekaligus tantangan dalam metode pengajaran, desain kurikulum, dan integrasi nilai-nilai. Studi ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan panduan metode PRISMA untuk mengkaji penelitian-penelitian empiris tentang pendidikan Islam di era digital, berdasarkan artikel-artikel yang terindeks di Scopus hingga Juni 2025. Dari total awal 7.695 artikel, sebanyak 111 artikel teridentifikasi memenuhi kriteria inklusi. Tinjauan ini mengungkap sejumlah tema utama: kebutuhan yang meningkat terhadap kompetensi digital di kalangan pendidik dan pelajar, integrasi prinsip psychoeducation Islam untuk memperkuat ketahanan emosional dalam konteks pembelajaran digital, peran yang berkembang dari pembelajaran berbasis mobile (m-learning) dalam meningkatkan pendidikan Al-Qur’an, serta modernisasi kurikulum melalui platform digital. Selain itu, studi ini menyoroti perubahan preferensi belajar di kalangan milenial perkotaan dan tren publikasi global, di mana Indonesia dan Malaysia muncul sebagai kontributor utama. Meskipun telah terjadi kemajuan yang signifikan, tinjauan ini menunjukkan masih adanya kesenjangan dalam integrasi teknologi digital yang efektif dan sejalan dengan nilai-nilai Islam. Temuan ini mendorong perlunya eksplorasi lintas budaya yang lebih dalam serta strategi pedagogis inovatif yang mampu menjembatani kemajuan teknologi dan prinsip-prinsip etika Islam. Kajian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategis pendidikan Islam digital yang relevan dengan kebutuhan pendidikan kontemporer.
Copyright (c) 2025 Asma Waty Samad, Tovan Tovan, Dzakiah Dzakiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.