Peran Kecerdasan Buatan dalam Mendorong Kajian Islam Progresif dan Humanis: Integrasi dalam Pendidikan Umum dan Pendidikan Islam

  • Elis Sofiyati
  • Adam Adam

Abstract

Transformasi digital di era Society 5.0 telah mendorong integrasi kecerdasan buatan (AI) ke dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk studi Islam dan pendidikan. Artikel ini membahas peran AI dalam mendukung kajian Islam yang progresif dan humanis melalui pendekatan interdisipliner yang menggabungkan teknologi, pendidikan, dan nilai-nilai keislaman. Dengan kemampuan analisis data besar, pemrosesan bahasa alami (NLP), dan pembelajaran mesin, AI memungkinkan eksplorasi teks-teks keislaman secara lebih kontekstual dan multidisipliner, serta mendorong pemahaman yang inklusif terhadap ajaran Islam. Pendidikan, baik umum maupun keislaman, menjadi ruang strategis untuk mengimplementasikan teknologi ini melalui platform pembelajaran adaptif yang dapat memperkuat literasi digital, pemikiran kritis, dan sikap toleran peserta didik.

Namun, integrasi AI dalam kajian Islam juga menghadirkan tantangan, terutama terkait etika, akurasi tafsir, dan risiko bias algoritmik. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi erat antara pendidik, teknolog, dan ulama dalam merancang kurikulum yang holistik dan berbasis nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk menggali potensi dan risiko pemanfaatan AI dalam pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa AI, jika diterapkan secara etis dan bijaksana, dapat menjadi instrumen inovatif dalam pengembangan kajian Islam yang relevan dengan kebutuhan zaman tanpa kehilangan esensi spiritualitasnya.

Published
2025-08-02