Kontribusi Keterampilan Belajar Abad 21 dalam Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelegensi
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan menemukan bagaimana kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran PAI berbasis Multiple integensi. Penelitian ini penelitian kualitatif yang dikategorikan sebagai penelitian pustaka (library research), jenis penelitian dilakukan melalui penelaan terhadap buku-buku dan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian telah diteliti di ketahui bahwa penerapan keterampilan belajar abad 21 tersebut diantaranya, keterampilan komunikasi, (communication skill), keterampilan kolaborasi (collaboration Skill) keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah (Critical Thinking and problem solving Skill) dan keterampilan kreatif dan inovasi (Creativity and Innovation) Sedangkan kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple Intelligences adalah Ketrampilan komunikasi berkontribusi terhadap kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logic-matematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan spritual. Ketrampilan kolaborasi berkontribusi terhadap kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan logicmatematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan spiritual. ketrampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah berkontribusi pada kecerdasan linguistic, kecerdasan logic-matematik, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan Interpersonal. ketrampilan kreatif dan Inovasi berkontribusi pada kecerdasan logic matematik, kecerdasan spasial, kecerdasan musical, kecerdasan natural, kecerdasan kinestetik dan kecerdasan linguistik.
Copyright (c) 2025 Nurlaila Nurlaila, Saepudin Mashuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.